Jangan Tunggu Hari Terakhir, Segera Daftar SBMPTN!

  • 15-06-2019 / 23:03 WIB
  • Kategori:Kampus
Jangan Tunggu Hari Terakhir, Segera Daftar SBMPTN! Ilustrasi. (ist)

MALANG- Pendaftaran SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) telah dibuka sejak Senin (10/6) lalu, Humas UB memberikan imbauan kepada para peserta untuk segera mendaftar dan menghindari penumpukan pada hari terakhir masa pendaftaran. Berdasar pada pengalaman sebelumnya, pada akhir pendaftaran web akan cukup sulit dijangkau karena diakses secara bersamaan.

“Imbauan kami, siswa segera mendaftar, supaya nanti tidak mepet pas hari penutupan dan akhirnya overload. Itu sebelumnya sering terjadi jangan membiasakan seperti itu,” tandas Kasubbag Kearsipan dan Humas UB Kotok Gurito, SE.

Selain itu, terkait dengan standar jumlah skor hasil UTBK di UB, Kotok sampaikan bahwa jika berkaca dari tahun lalu para peserta kali ini setidaknya harus miliki skor 550 ke atas. Hal tersebut karena persaingan yang tiap tahunnya semakin ketat pada tiap jurusan.

“Tahun lalu saja untuk Kedokteran itu minimal 650 hingga 700 ke atas, tapi kalau secara umum menurut saya sebaiknya di atas 500. Kalau bisa ya 550,” imbuhnya.

Sementara itu, terhitung hingga hari Kamis (13/6) setidaknya sudah terdapat 209.402 peserta UTBK yang sudah mendaftar SBMPTN. Jumlah tersebut masih sekitar sepertiga dari jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti UTBK baik pada gelombang I maupun gelombang II yakni sebanyak 781.115 peserta.

Sesuai dengan kelompok pilihan Prodinya, para peserta Saintek mencapai 96.491, sedang untuk kelompok Prodi Soshum terdapat sekitar 110.181 peserta. Kemudian peserta yang mengikuti program Saintek dan Soshum atau campuran mencapai 2.730 peserta.

Kemudian jumlah peserta menurut status reguler yang di update hingga hari Kamis lalu, jumlahnya mencapai 148.745. Sedang untuk peserta bidikmisi jumlahnya mencapai 60.657 peserta.

Sebelumnya disampaikan Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Ravik Karsidi mengatakan SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dituju.

“Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi,” sebutnya dalam rilis pers.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap yakni mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN. Pelaksanaan UTBK dilakukan pada Mei lalu dalam dua gelombang.

Lebih lanjut, untuk peserta yang ada di wilayah Malang akan memperebutkan setidaknya 10.129 kursi yang terdapat pada 148 Prodi di tiga Perguruan Tinggi Negeri. Proses pendaftaran SBMPTN sendiri akan dilaksanakan hingga 24 Juni mendatang.(mg3/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Inasa
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Jelang Laga Bhayangkara, Latihan Sore Gajayana

Joko Driyono Divonis 1,5 Tahun Penjara

Jenazah Mahasiswi STIKI Dikawal Ketat Tim SAR

Passion Fruit Cake Dapur Cokelat

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ribuan Mahasiswa Baru UM Rebutan Kursi Bidikmisi

Deadpool 3 Masih Tunggu Marvel 'Tenang'

The Doctor Belum Mau Pensiun