Moto GP Catalunya Diwarnai Crash

Podium Perdana Quartararo, Lorenzo Minta Maaf

  • 16-06-2019 / 22:39 WIB
  • Kategori:All Sport
Podium Perdana Quartararo, Lorenzo Minta Maaf Kesalahan Jorge Lorenzo membuat tiga pembalap top tumbang, Dovizioso, Vinnales dan Rossi.

CATALUNYA-Marc Marquez memenangi balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Minggu (16/6/2019) malam. Ia dominan usai Jorge Lorenzo melakukan kesalahan yang mengakibatkan crash dan menjatuhkan sejumlah pebalap top. Namun yang istimewa, Catalunya juga menjadi podium pertama, Fabio Quartararo.

Marquez yang start dari posisi kedua sempat dilewati oleh Andrea Dovizioso. Namun crash yang melibatkan para pebalap top di baris depan kemudian menguntungkan Marquez. Di lap kedua, Jorge Lorenzo terjatuh dan menyenggol Maverick Vinales, Dovizioso, dan Valentino Rossi. Sejak saat itu, Marquez melaju mulus di posisi terdepan.

Finis di posisi kedua adalah Fabio Quartararo. Ini jadi podium pertama Quartararo di kelas premier. Ia pembalap yang dua kali ini pole position dan berhasil naik podium di akhir balapan.

Usai Dovizioso gagal finis, Ducati masih dapat hasil positif lewat Danilo Petrucci. Petrucci melengkapi podium MotoGP Catalunya dengan finis ketiga.

Alex Rins sempat punya peluang finis di tiga besar setelah bersaing dengan Petrucci dan Quartararo di sepanjang balapan. Namun pebalap Suzuki itu justru membuat kesalahan di lap ke-18 dan harus puas finis keempat.

Drama moto GP Catalunya sendiri terjadi pada lap ke-2, insiden sangat parah terjadi pada balapan MotoGP Catalunya (16/6). Terjadi crash beruntun di baris terdepan melibatkan empat pembalap.

Saat memasuki tikungan ke-10, Jorge Lorenzo (Repsol Honda) mencoba masuk untuk mendekati 4 pembalap terdepan, Andrea Dovizioso (Ducati), Marc Marquez (Repsol Honda), Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha).

Sayangnya, Lorenzo tiba-tiba kehilangan grip saat masuk terlalu dalam. Lorenzo jatuh menabrak Dovizioso lalu membawa Vinales jatuh juga. Rossi sebenarnya sudah berusaha menghindar dan hampir bisa lolos dari crash.

 Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) tampak sangat kesal usai jadi korban crash lap ke-2 MotoGP Catalunya (16/6). Vinales menunjukkan rasa kesalnya langsung di depan kamera. Kemungkinan gestur itu diarahkan ke pembalap yang dianggap bersalah, Lorenzo.

Dengan wajah sangat marah, Vinales menunjuk-nunjuk kepalanya ke arah kamera. Sedangkan Dovi tampak hanya terdiam usai crash, tanpa mau melihat ke arah kamera. Rossi sendiri justru tertawa ketika kamera menyorotnya.

Jorge Lorenzo pun buka suara soal insiden yang melibatkan banyak pembalap di MotoGP Catalunya.

"Saat Anda telat mengerem, Anda tidak punya banyak pilihan, seperti yang menimpa saya," kata Lorenzo dilansir GridOto dari laman tim Repsol Honda.

"Itu adalah kesalahan saya, dan saya minta maaf," sambung Lorenzo.

"Sangat disayangkan saya mengenai Dovizioso, Vinales dan Rossi, ini bukan salah mereka tapi salah saya," pungkas Lorenzo.

Dalam balapan di Sirkuit Catalunya, Minggu (16/6/2019) malam WIB, Marquez jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis. Pebalap Repsol Honda itu melaju mulus di depan usai crash yang melibatkan pebalap-pebalap top di lap kedua.

Andrea Dovizioso yang start dari posisi kelima langsung menyodok ke depan usai start. Pebalap Ducati itu memimpin usai tikungan pertama di depan Marc Marquez.

Maverick Vinales yang memulai balapan dari urutan keenam usai dapat penalti tiga grid juga start dengan baik. Ia mampu mendekati Dovizioso sebelum disalip lagi oleh Marquez.

Drama kemudian terjadi di lap kedua. Jorge Lorenzo mencoba menyalip dari dalam di tikungan 10 namun gagal. Ia terjatuh dan kemudian menyenggol Dovizioso dan Vinales. Valentino Rossi kemudian tak bisa menghindar dan ikut terjatuh.

Keempatnya tak bisa melanjutkan balapan. Sejak saat itu, Marquez melaju mulus di posisi terdepan. Ia dibuntuti oleh Danilo Petrucci, Alex Rins, dan Fabio Quartararo.

Marquez terus melebarkan jarak di depan. Di lap keenam, pebalap Repsol Honda itu sudah unggul 2,5 detik atas Petrucci.

Pertarungan ketat justru terjadi antara Petrucci dan Rins dalam perebutan posisi kedua. Quartararo yang ada di posisi keempat juga menempel ketat meski tak bisa melewati kedua pebalap di depannya.

Upaya Rins untuk menyalip Petrucci akhkirnya membuahkan hasil di lap ke-12. Rins menyalip dari dalam dan sempat menyenggol Petrucci.

Namun Petrucci mampu kembali mengambil alih posisi kedua di lap ke-17. Memanfaatkan kekuatan Ducati, Petrucci melewati Rins di lintasan lurus.

Di lap ke-18, Rins yang kembali mencoba menyalip Petrucci di Turn 1 nyaris terjatuh. Ia menyenggol Petrucci, kehilangan keseimbangan, dan melebar. Beruntung bagi pebalap Suzuki itu, ia tak terjatuh meski melorot ke posisi ketujuh.

Sementara itu, Quartararo menyalip Petrucci untuk merebut posisi kedua. Sejak saat itu, posisi pebalap di rombongan depan tak banyak berubah.

Marquez tanpa hambatan berarti jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis setelah 24 lap. Quartararo menyusul di posisi kedua, diikuti oleh Petrucci.(jpg/dtc/ary)

Editor : Ary
Uploader : hargodd
Penulis : -
Fotografer : -

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU