Dinas Perhubungan Kota Malang Tindak Tegas Jukir Alun-Alun

  • 17-06-2019 / 16:11 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal, Malang
Dinas Perhubungan Kota Malang Tindak Tegas Jukir Alun-Alun Petugas Dishub Kota Malang mendatangi lokasi kejadian dan langsung melakukan penertiban mafia parkir.

MALANG - Meski sempat ramai, beruntung, petugas Dishub Kota Malang langsung sigap dan mendatangi lokasi kejadian dan langsung melakukan penertiban.

"Tim kami sudah turun ke lapangan dan langsung mencari informasi terkait keberadaan pelaku penarikan parkir," terang Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto.

Ketika itu, petugas Dishub berhasil mengamankan pelaku yang diduga bernama Panut dan juga koordinator parkir yang bernama Kolil. Keduanya mulai bekerja sekitar pukul 17.00 hingga malam dan shiftnya bergantian. "Selanjutnya, kami berikan arahan kepada jukir. Terkait apa saja pelanggaran yang dilakukan," kata dia.

Lebih lanjut, Handi menguraikan, petugas Dishub akan selalu sigap untuk menertibkan segala permasalahan yang kemungkinan terjadi terkait parkir. "Tim dan petugas kami selalu stand by untuk memberikan pelayanan yang terbaik," papar dia.

Handi menambahkan, untuk tarif retribusi parkir di tepi jalan umum, telah ditentukan tarif parkir untuk truk gandeng, trailer dan bus sebesar Rp 10 ribu. Kemudian, truk, minibus dan sejenisnya ditentukan Rp 5 ribu, mobil sedan, jeep, pick up dan sejenisnya ditentukan Rp 3 ribu. "Sementara, untuk sepeda motor ditentukan Rp 2 ribu," papar dia.

Sedangkan, untuk tarif retribusi parkir insidentil, yakni untuk truk, bus, minibus dan sejenisnya ditentukan Rp 20 ribu. Kemudian, untuk mobil sedan, jeep dan sejenisnya ditentukan Rp 5 ribu. "Sementara, untuk sepeda motor, Rp 3 ribu," tandas dia.

Terpisah, Wali Kota Malang, Sutiaji menambahkan, meski sudah ditindak tegas, ia meminta oknum jukir tersebut membuat surat pernyataan supaya tidak mengulang kejadian serupa. "Kalau masih nakal dan tidak mau berubah, keanggotaan akan dicabut dan status pidana akan dinaikkan," tegas dia.

Tentunya, hal tersebut juga menjadi acuan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk melakukan pengawasan parkir. "Ini jadi acuan kita, suapaya bisa berbenah dan melakukan pengawasan parkir," tandas dia. (tea/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : tea
  • Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI