Heboh, Unair Diduga Plagiasi Video Profil UMM

  • 18-06-2019 / 00:56 WIB
  • Kategori:Kampus, Nasional
Heboh, Unair Diduga Plagiasi Video Profil UMM

MALANG-Para pengguna twitter sedang dihebohkan dengan dugaan plagiasi Official Video Teaser  Airlangga Education Expo oleh Universitas Airlangga Surabaya (Unair) terhadap video profil Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sejak beberapa hari belakangan.

Pada video yang diunggah oleh akun @maharina4, menampilkan kompilasi kemiripan kedua video dari dua kampus yang berbeda tersebut. Setidaknya terdapat empat cuplikan narasi yang sangat mirip antara satu dengan yang lain, salah satunya adalah pada kalimat ‘tidak hanya menambah ilmu kita juga mendapat pendidikan karakter dan sosial skill’.

Video dari Unair tersebut  dapat dilihat di akun youtube ‘Event Jawa Timur’ yang diunggah sekitar empat bulan lalu, sedang video profil UMM telah diluncurkan sejak tahun 2017 lalu. Ketika dikonfirmasi terkait dengan kemiripan kedua video tersebut, pihak UMM mengaku keberatan terkait dengan plagiasi video profil tersebut.

“Sudah kami DM ke akun IG resmi Unair dan mereka menjanjikan akan menghubungi pihak UMM. Namun sampai pagi ini belum ada konfirmasi,” kata Sekretaris Humas UMM Mohamad Isnaini pada Malangpostonline.com, Senin (17/6).

Pesan langsung melalui akun instagram tersebut dilakukan oleh pihak UMM sejak hari Sabtu (15/6), dan hingga saat Malangpostonline.com mengkonfirmasi terkait hal ini pihak Unair belum memberikan klarifikasi kepada UMM.

“Kami keberatan dengan peniruan tersebut karena hingga hari ini belum ada klarifikasi resmi dari Unair, rencana akan kami layangkan somasi jika tidak ada klarifikasi atau permohonan maaf melalu surat resmi Unair,” lanjut pria yang juga akrab disapa Krisna tersebut.

Sementara itu, video profil UMM yang diduga ditiru oleh Unair merupakan video iklan TVC yang sudah tayang di berbagai stasiun televisi. Video tersebut dibuat oleh tim humas UMM untuk kepentingan iklan pada periode tahun 2017.

“Kami posting mulai 2017 dan itu iklan TVC UMM yang tayang-tayang pada iklan TV,” imbuhnya.

Krisna sendiri yang merupakan pimpinan produksi ketika pembuatan video tersebut memastikan bahwa tidak ada kesamaan tim yang terlibat dalam pembuatan kedua video itu. Tim Malangpostonline mencoba menghubungi pihak Unair melalui pesan langsung melalui akun resmi instagram Unair namun hingga tulisan ini dibuat masih belum mendapat tanggapan.(mg3/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : asa
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI