Pagu Masih Proses Validasi, Pendaftaran PPDB SMK Bermasalah

  • 18-06-2019 / 22:21 WIB
  • Kategori:Sekolah
Pagu Masih Proses Validasi, Pendaftaran PPDB SMK Bermasalah

MALANG - Proses pelaksanaan PPDB secara online tingkat SMK jalur NUN bersamaan dengan PPDB tingkat SMA jalur zonasi yaitu pada 17-20 Juni. Keduanya sama-sama bisa diakses pada website resmi PPDB Kota Malang yakni https://02.ppdbjatim. Pada PPDB SMK, terdapat sejumlah peserta yang mengalami masalah pada pendaftaran online.

Sesuai dengan ketentuan PPDB SMK, peserta bisa memilih dua sekolah atau pun dua jurusan yang berbeda. Namun ternyata, terdapat sejumlah jurusan yang menunjukkan pagu ‘0’ sehingga tidak bisa dipilih secara online. Kemudian pada bukti pendaftaran para calon peserta didik tersebut hanya tercatat memilih pada pilihan kedua.

“Iya kan awalnya di (jurusan) Pemasaran, terus di situ nggak ada yang daftar. Tapi malah aku masuknya ke (jurusan) Pariwisata. Hari pertama masih peringkat 37, hari ini peringkat 52 dari total 62 pendaftar,” kata peserta PPDB asal MTs Roudotul Uqul yang mendaftar PPDB pada SMKN 1, Melviana Ade Ivanda.

Gadis yang akrab disapa Melvi tersebut mengaku melakukan pendaftaran secara online di hari pertama pendaftaran pada pukul 05.00 pagi. Ketika menyadari bahwa pilihan pertamanya tidak terekam secara online, dan justru ia hanya tercatat hanya pada pilihan kedua.

Perlu diketahui, pendaftaran PPDB SMK secara online hanya dapat dilakukan sekali, dan jika sudah diinput maka datanya tentu tidak bisa diubah. Hal tersebut membuat Melvi bingung, apalagi ia juga menemui salah seorang temannya yang mengalami kasus serupa.

Ketika Malangpostonline.com mencoba mengakses website tersebut, ternyata apa yang disampaikan oleh Melvi memang benar. Bahwa terdapat sejumlah jurusan yang pagunya masih ‘0’, meskipun pada rekap pendaftaran tetap tercantum jumlah pendaftar dan pemeringkatannya.

Lebih lanjut, Melvi menyampaikan bahwa ia sudah berupaya menghubungi panitia PPDB SMK terkait kendala pendaftaran online yang sedang ia alami. “Saya sudah mencoba menghubungi panitia, lalu diharapkan menunggu hingga hari terakhir pendaftaran karena sistem masih dalam proses,” imbuhnya.

Pantauan terhadap website PPDB Jatim Kota Malang hingga Selasa (18/6), terdapat beberapa jurusan dari sejumlah SMKN yang serupa dengan jurusan Pemasaran di SMKN 1. Yakni mulai dari jurusan Tata Boga di SMKN 2, TKJ SMKN 3, Teknik Pengelasan SMKN 10, hingga Desain Permodalan Informasi Bangunan SMKN 11.

Sementara itu, Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Indah Andayati menyampaikan bahwa pagu sejumlah jurusan tercantum demikian pada website lantaran masih adanya proses validasi terkait PPDB offline yang dilakukan beberapa waktu sebelumnya.

“Pagu saat ini masih proses validasi karena terkait daftar ulang siswa yang diterima offline, Insyaallah besok sudah fix,” terangnya ketika dihubungi Malangpostonline.com.

Kemudian, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMK Provinsi Jawa Timur, Dr. Suhartono, MPd menyebutkan bahwa terkait hal itu pihaknya sudah berkoordinasi langsung dengan tim teknisi PPDB. ”Ini masih ditindaklanjuti dan belum bisa saya tentukan hasilnya,” ungkapnya.(mg3/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : asa
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU