Apple Sebut Usulan Tarif Impor AS ke China Jadi Bumerang

  • 21-06-2019 / 13:38 WIB
  • Kategori:Techno
Apple Sebut Usulan Tarif Impor AS ke China Jadi Bumerang ilustrasi/ist

MALANGPOSTONLINE - Apple memperingatkan pemerintah Amerika Serikat bahwa usulan tarif impor China akan menjadi kontraproduktif. Pasalnya, usulan ini akan merusak daya saing pembuat iPhone dan condong pada pesaing non-Amerika.

Dalam komentar yang diajukan minggu ini kepada Perwakilan Dagang AS, Apple mengatakan proposal tarif oleh Presiden Donald Trump akan melukai kemampuan Apple untuk bersaing. Mereka pun mengungkapkan pada akhirnya dapat mengurangi kontribusi Apple kepada ekonomi AS dalam pajak dan investasi.

Komentar Apple tertanggal 17 Juni mencatat bahwa perusahaan itu adalah pembayar pajak perusahaan AS terbesar dan juga berada di jalur untuk menginvestasikan sekitar US$350 miliar di negara itu selama lima tahun.

"Tarif AS untuk produk Apple akan menghasilkan pengurangan kontribusi ekonomi Apple AS," kata perusahaan itu.

Selain itu, perusahaan mengatakan rencana itu akan membebani daya saing global Apple dan secara efektif meningkatkan saingan China.

"Produsen China yang kami bersaing dengan di pasar global tidak memiliki kehadiran yang signifikan di pasar AS, sehingga tidak akan terpengaruh oleh tarif AS," kata surat itu.

"Begitu juga pesaing besar non-AS kita. Oleh karena itu, tarif AS akan memiringkan lapangan permainan demi pesaing global kita."

AS sudah memiliki bea 25 persen atas lebih dari US$250 miliar impor dari China.

Pasar global khawatir tentang ancaman Trump untuk mengenakan tarif lebih curam pada China, dengan tambahan US$300 miliar barang.

Apple, yang menurut beberapa laporan sedang mempertimbangkan untuk memindahkan beberapa produksi iPhone dan barang-barang lainnya dari China ke India atau negara-negara lain, mengatakan daftar tarif yang diusulkan mencakup semua produk utama Apple termasuk iPhone, iPad, Mac, AirPods dan AppleTV. (age/age/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU