Smart Beauty

Nyaris Kehilangan Suara

  • 26-06-2019 / 22:51 WIB
  • Kategori:Malang
Nyaris Kehilangan Suara Eva Uliartha

Suara adalah harta tak ternilai bagi semua penyanyi. Tanpa kesehatan, suara mereka tidak akan maksimal ketika manggung. Kesibukan sebagai seorang penyanyi profesional menuntut Eva Uliartha, (26 tahun), untuk berhati-hati dalam menjaga kondisi kesehatan fisik dan mentalnya.

“Sebagai penyanyi, tentu kadang jadwal yang padat menuntut saya menghabiskan waktu lama di atas panggung, tidur jadi kurang,” ujar Eva kepada Malang Post, di Balai Kota Among Tani, Rabu siang kemarin.

Pemilik akun Instagram @evauliarthanapitupulu tersebut menyebut, aktivitas kerjanya, diimbangi dengan olahraga. Eva meningkatkan intensitas olahraganya dalam seminggu demi menutup penurunan kondisinya saat banyak jadwal menyanyi. Dia terbiasa berolahraga di fitness center. Eva pun tak ingin olahraga hanya sekadar olahraga. DIa menghabiskan waktu kurang lebih satu sampai dua jam di pusat kebugaran.

“Biasanya saya olahraga untuk menjaga kondisi kesehatan. Saya aktif ngegym. Tiap minggu, bisa tiga kali atau lebih,” tambah Eva.

Menurut anak kelima dari enam bersaudara tersebut, olahraga tak hanya menjaga kondisi kesehatannya. Semakin terjaga kebugaran fisiknya, semakin kecil pula peluang suaranya terganggu saat harus melakoni jadwal manggung padat.

Eva menuturkan, olahraga saja tidak cukup dalam menjaga kondisi suaranya agar tetap prima dan stabil. Dia mengaku suka mengkonsumsi air putih. Dia merasa lebih segar ketika bisa meminum air putih secara rutin setiap hari dengan volume yang sesuai anjuran kesehatan.

Dia juga pantang mengkonsumsi minuman yang diberi es atau minuman dingin karena berpotensi mengganggu tenggorokan serta suaranya. “Saya juga nggak pernah minum es,” jelasnya.

Tapi, Eva mengakui pernah memiliki pengalaman hampir kehilangan suara di saat akan manggung. Karena suara sangat krusial bagi penyanyi manapun, dia mengaku memiliki tips khusus supaya suaranya tetap sehat dan prima ketika tiba saatnya manggung. Eva mengkonsumsi akar tanaman kencur. Tumbuhan ini berkhasiat mengembalikan suara yang hilang karena kecapekan.

“Biasanya suara hilang itu karena sakit atau kecapekan. Kalau ada jadwal manggung dan suara hilang, biasanya saya mengunyah kencur. Tapi, kencur yang saya makan, sudah dalam bentuk manisan,” papar Eva.

Sebagai penyanyi, Eva pun menganggap ritme menyanyi saat manggung, menentukan kestabilannya dalam perform. Dia berupaya tak melebihi beban kondisi suaranya. Dia sebisa mungkin tak memforsir diri saat menyanyi. Eva, acapkali berkoordinasi dengan rekan kerjanya untuk saling bergantian dalam menyanyi dan menjaga suara. Selain itu, kecermatan dalam mengiringi tamu yang ingin menyumbang lagu juga membantunya melindungi kondisi suara.

“Tidur yang kurang itu gak bisa dihindari karena memang biasanya pulang malam. Tapi, biasanya saya gak forsir saat nyanyi. Tag team dengan rekan saat nyanyi itu penting,” tutup Eva.(fin/ary)

  • Editor : ary
  • Uploader : abdi
  • Penulis : fin
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Jelang Laga Bhayangkara, Latihan Sore Gajayana

Joko Driyono Divonis 1,5 Tahun Penjara

Jenazah Mahasiswi STIKI Dikawal Ketat Tim SAR

Passion Fruit Cake Dapur Cokelat

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ribuan Mahasiswa Baru UM Rebutan Kursi Bidikmisi

Deadpool 3 Masih Tunggu Marvel 'Tenang'

The Doctor Belum Mau Pensiun