Menhan: Lebih Aman, Tidak Ada Chaos Usai Putusan MK

  • 27-06-2019 / 15:38 WIB
  • Kategori:Nasional
Menhan: Lebih Aman, Tidak Ada Chaos Usai Putusan MK Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meyakini situasi nasional akan tetap aman pasccaputusan sidang MK terkait Pilpres 2019.

MALANGPOSTONLINE.COM - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu memprediksi situasi nasional akan tetap aman pascaputusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (27/6).

"Enggak [ada] chaos. Enggaklah, kita harapkan tidak terjadilah. Harapan kita tidak terjadi," kata Ryamizard di Hotel Shangrila, Jakarta.

"Saya rasa dari kita lihat situasi itu, saya lihat jauh lebih aman," ujar Menhan menegaskan.

Hari ini Ryamizard bertemu dengan Presidium Alumni 212 dalam rangka melakukan halal bihalal dan silaturahmi. Dalam pertemuannya ia juga mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan tidak lagi membuat perpecahan dengan membela kubu 01 atau kubu 02.

Ia pun menambahkan pertemuan itu juga dilakukan dalam momen untuk berdoa agar tidak terjadi kerusuhan pascaputusan MK dibacakan. Ia pun mengajak masyarakat agar turut mendoakan keamanan situasi nasional.

"Ini 212 bersama-sama berdoa supaya bersatu apalagi, semua berdoa agar tidak terjadi. Doa 60 orang sudah didengar tuhan, apalagi ramai-ramai," ujar Ryamizard. 

Hari ini putusan sidang PHPU dibacakan di MK mulai dari pukul 12.30 WIB. Sidang yang dilayangkan kubu Prabowo-Sandi diregister MK dengan nomor 01/PHPU-PRES/XVII/2019. Permohonan sengketa pilpres ini dilayangkan kubu Prabowo-Sandi yang menuding ada kecurangan bersifat terstruktur, sistematis, masif (TSM) dalam pelaksanaan pemilu.

Dalam sidang sengketa pilpres ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi pihak termohon, paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf menjadi pihak terkait, dan Bawaslu RI hanya menjadi pihak pemberi keterangan

Sementara itu, hari ini sejumlah aksi pun terpantau sudah dimulai sejak pagi tadi mulai dari massa aksi kawal putusan MK, massa yang meminta paslon Jokowi-Maruf didiskualifikasi dari Pilpres hingga massa penuntut kemenangan Prabowo-Sandi yang juga diramaikan oleh sejumlah anak-anak. (ani/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU