Wow... Daya Tampung Hanya 5.616, UB Dipilih 55.871 Pendaftar

  • 27-06-2019 / 23:51 WIB
  • Kategori:Kampus
Wow... Daya Tampung Hanya 5.616, UB Dipilih 55.871 Pendaftar Ilustrasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya.(istimewa)

MALANG-Usai pendaftarannya ditutup pada Senin (24/6) lalu, Seleksi Bersama Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mencatatkan Universitas Brawijaya (UB) sebagai Perguruan Tinggi yang paling diminati oleh para pendaftar yang beberapa waktu sebelumnya sudah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Sesuai rapat terakhir dengan LTMPT kita terbesar lagi (jumlah pendaftar SBMPTN) seperti SNMPTN kemarin," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik UB, Profesor. Dr.  Aulanni'am, DVM., DES.

Merujuk data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), disebutkan bahwa terdapat 55.871 pendaftar yang memilih UB pada SBMPTN kali ini. Sedang daya tampung yang tersedia di UB sendiri hanya sekitar 5.616, atau hanya sebesar 10.05 persen dari keseluruhan jumlah pendaftar.

Dari jumlah total 55.871 tersebut, ada 33.987 pendaftar progran studi Saintek, sedang sisanya sejumlah 21.884 pendaftar adalah program studi Soshum. Untuk prodi Saintek daya tampung yang ditetapkan sebanyak 3627 dengan pendaftar yang menempatkan UB pada pilihan pertama sebanyak 18.423 dan pilihan kedua mencapai 15.564.

Sedangkan pada prodi Soshum daya tampung sebanyak 1.988 dengan pendaftar yang menempatkan UB pada pilihan pertama sebanyak 12.580 dan pilihan kedua sebanyak 9.304.

Lebih lanjut, dikatakan oleh Prof Aulanni'am bahwa tingginya minat di UB mungkin saja karena banyaknya Fakultas serta lingkungan pendidikannya sangat mendukung.

Meskipun sebelumnya sempat beredar kabar bahwa skor UTBK yang harus dicapai untuk masuk UB cukup tinggi. Namun minat pendaftar justru makin meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 10.2218 pendaftar.

Selain itu, UB menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang memutuskan untuk tidak menggunakan kriteria lain selain nilai hasil UTBK. Hal tersebut dikarenakan, UTBK sudah dianggap mewakili diri seorang calon mahasiswa. Kemudian keputusan untuk tidak menggunakan kriteria lain adalah untuk menjaga transparansi penerimaan mahasiswa di UB.

"Berbeda dengan universitas lain yang mungkin menyediakan kriteria lain untuk daftar SBMPTN. Di UB nilai 100 persen diambil dari UTBK dan tidak ada kriteria lain seperti portofolio prestasi," lanjutnya.

Pada SBMPTN kali ini prodi yang paling diminati ada pada Ilmu hukum dengan jumlah pendaftar mencapai 2.584. Kemudian disusul oleh Agroteknologi dengan 2.202 pendaftar, lalu prodi Ilmu Administrasi Bisnis dengan 1.598 pendaftar. Selanjutnya pada posisi ke empat ada pada prodi Pendidikan Dokter dengan 1.468 pendaftar.

Sementara itu, untuk jalur Mandiri UB menetapkan kuota 30 persen dari jumlah total mahasiswa baru yang diterima.

Untuk lebih meningkatkan kualitas, selain tes tulis, tahun ini UB memberikan kriteria lain berupa portofolio prestasi bagi pendaftar jalur mandiri. Sedang soal ujian disiapkan langsung oleh tim dari UB sendiri.

"Sudah banyak tipe soal yang sudah disiapkan oleh tim, jadi tidak mungkin bocor," ujarnya.

Di sisi lain, peminat pendaftar SBMPTN di Universitas Negeri Malang (UM) mencapai 36.262 pendaftar. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua SBMPTN UM  Dr. Agus Hermawan. Pada total jumlah pendaftar tersebut, minat tertinggi ada pada prodi Manajemen dengan 1.727 pendaftar.

Kemudian minat tertinggi kedua ada pada prodi PGSD sejumlah 1.292 pendaftar, lalu disusul oleh prodi Akuntansi dengan 1.102 pendaftar. "Prodi Akuntasi itu sebelumnya di peringkat kedua, namun kini peringkat ketiga," katanya. (mg3/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : asa
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU