Touch Your Future, Yayasan PIM Lantik Pejabat Struktural

  • 02-07-2019 / 11:36 WIB
  • Kategori:Sekolah
Touch Your Future, Yayasan PIM Lantik Pejabat Struktural SEMANGAT: Pengurus Yayasan PIM berfoto bersama dengan para pejabat struktural di tingkat pelaksana kegiatan yang baru dilantik.  

MALANG - Yayasan Putera Indonesia Malang (PIM) melantik dan mengambil sumpah pejabat-pejabat struktural di tingkat sekretariat dan keuangan pengurus maupun di tingkat para pelaksana kegiatan. Bersama pengurus, mereka mengemban tugas dan tanggung jawab yang berat untuk membangun dan mewujudkan kelembagaan yang profesional di lingkungan Yayasan PIM.

Hal ini diungkapkan Ketua Yayasan PIM, Drs. Moch. Wahyudi, S.E kepada malangpostonline.com. “Struktur baru pelaksana kegiatan termasuk susunan pejabat strukturalnya berdasarkan hasil evaluasi dari pengurus yayasan,” ungkapnya. Dengan kepengurusan baru itu, ia berharap organisasi memiliki masa depan yang kokoh dan mampu menghadapi berbagai kompetisi dan gangguan.

TOTALITAS: Ketua Yayasan PIM, Moch. Wahyudi (paling tengah) bersama para pejabatnya.

 

Gangguan itu, lanjutnya, baik dari dalam maupun dari luar. “Artinya, organisasi itu harus mampu tetap eksis dan kokoh berdiri di tengah 'terpaan badai' yang terus menerus menghantam dan bahkan berusaha menghempaskannya dan ini yang menjadi tujuan kedepan Yayasan PIM untuk terus eksis mencetak generasi penerus bangsa,” terang Wahyudi, panggilan akrabnya.

“Dalam bekerja teamwork dibutuhkan pemimpin yang benar-benar efektif, yaitu yang menjadi fasilitator dan pengatur, selalu memfasilitasi dan mengatur dengan baik anggota-anggota timnya di dalam menjalankan fungsi kedudukan dan tugas masing- masing, sehingga semua anggota tim dipastikan akan bekerja dengan sebaik-baiknya baik secara individual maupun kolektif mencapai tujuan organisasi yang disepakati bersama,” urainya.

Kata dia, pemimpin yang diharapkan, tidak banyak melakukan pekerjaan-pekerjaan teknis, tapi pemimpin yang memberikan berbagai kemudahan dan mengatur jalannya kinerja anggota tim unit kerjanya, memikirkan strategi-strategi hebat dan membantu anggota timnya untuk mengimplementasikannya. Bahkan harus mampu melihat wilayah kerjanya secara luas dan komprehensif dan tidak lupa memperhatikan beberapa detil penting.

“Sehingga pemimpin yakin bisa memilih yang terbaik dari  berbagai pilihan yang ada serta membantu anggota timnya untuk melakukan pekerjaannya secara lebih baik, dan meningkatkan kendali organisasi untuk memastikan bahwa hasil yang dilakukan oleh teamnya adalah yang terbaik untuk organisasinya,” papar ketua yayasan yang memiliki SMK PIM dan dua akademi di bidang farmasi ini.

Tema strategis yang sejak awal dicanangkan dalam Rencana Strategis 2017-2021 pengurus Yayasan PIM masih tetap diusung, yakni “Touch Your Future” yang memiliki arti “Meraih Masa Depan yang Kokoh dengan Membangun dan Mewujudkan Profesionalisme Kelembagaan Demi Terciptanya Yayasan Putra Indonesia Malang yang Lebih Sejahtera dan Menyejahterakan”.

Wahyudi mengungkapkan, untuk membangun dan mewujudkan itu, beberapa kebijakan strategis diambil. Mulai dari peningkatan akuntabilitas publik, terutama di sektor keuangan meliputi sistem pengelolaan dan pelaporannya yang memiliki validitas dan akuntabilitas yang tinggi, kedua peningkatan kemampuan leadership dan manajemen para pimpinan, dari pimpinan puncak sampai dengan pimpinan di tingkat pelaksana kegiatan-kegiatan.

Ketiga, peningkatan pengelolaan lembaga pendidikan yang profesional dengan proses pembelajaran yang mencerdaskan dan menyenangkan peserta didik, serta membangun karakter yang baik dan yang dibutuhkan oleh para peserta didik dalam meraih masa depannya. Keempat, peningkatan pengelolaan lembaga bisnis pengelola unit-unit usaha yang profesional, yang mampu berkontribusi besar dalam menunjang lembaga-lembaga pendidikan PIM maupun menunjang peningkatan kesejahteraan warga PIM,

Berikutnya, peningkatan pengelolaan lembaga marketing yang profesional yang dapat menjamin keberlangsungan sumber-sumber pendapatan dari usaha-usaha yayasan, peningkatan profesionalisme pengelolaan lembaga-lembaga pendukung kegiatan usaha- usaha yayasan, yang mampu berperan aktif dalam mendukung upaya-upaya pengembangan dan peningkatan pendapatan hasil usaha-usaha yayasan

Selain itu, peningkatan peran Kehumasan PIM dalam upaya menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar PIM dan pihak-pihak luar, guna menguatkan brand image Yayasan PIM dan brand equity institusi-institusi pendidikan PIM dan lembaga-lembaga bisnisnya. “Peningkatan pengelolaan kerjasama dan hubungan baik dengan lembaga-lembaga pemberi bantuan, baik pemerintah maupun swasta, dalam maupun luar negeri, guna menunjang peningkatan aset yayasan serta pengembangan aset-asetnya,” tambah dia.

Kebijakan lain, peningkatan profesionalisme bidang penjaminam mutu dan audit internal, guna menjalankan fungsi kontrol organisasi yang efektif dan efisien, yang dapat mempercepat tercapainya tujuan-tujuan yayasan, pembangunan dan peningkatan kompetensi dan komitmen SDM yang berkelanjutan untuk menjadikan SDM-SDM yang profesional di bidangnya agar menghasilkan kinerja yang memuaskan para peserta didik, konsumen dan stakeholdernya,

Terakhir, pembangunan dan peningkatan layanan sarana dan prasarana penunjang kenyamanan dan kebutuhan dalam keberlangsungan kegiatan proses pembelajaran yang mencerdaskan danmenyenangkan bagi peserta didik. “Hal yang penting diwujudkan adalah pembangunan budaya kerja dan suasana kerja yang harmonis, kondusif dan menyenangkan, yang diharapkan akan mendorong peningkatan produktivitas seluruh SDM di bidangnya masing-masing,” tutupnya. Informasi dan Pendaftaran SMK Putra Indonesia: 08121770930 dan 081252122717. (mar)

  • Editor : mar
  • Uploader : irawan
  • Penulis : marga
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI