Tingkatkan Kualitas Lulusan Akafarma PIM, Seminarkan Hasil PKL

  • 03-07-2019 / 14:24 WIB
  • Kategori:Sekolah
Tingkatkan Kualitas Lulusan Akafarma PIM, Seminarkan Hasil PKL SEMINAR: Mahasiswa Akafarma PIM memaparkan hasil PKL untuk meningkatkan kualitas dalam dunia kerja nanti.

MALANG- Seminar hasil Praktek Kerja Lapangan (PKL) digelar kali pertama oleh mahasiswa Akademi Analis Farmasi dan Makanan (Akafarma) Putera Indonesia Malang (PIM). Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan serta melatih softskill dan pembentukan karakter dari mahasiswa melalui komunikasi dan penyampaian materi di depan audience. 

"Berdasar hasil Tracer Study tahun lalu, kami mendapat informasi bahw mahasiswa kesulitan diterima kerja dan gugur saat interview," ujar Anggraeni In Oktavia, S.P., M.Ling, pembimbing PKL mahasiswa Akafarma PIM. Lebih lanjut dosen yang akrab disapa Neni tersebut menjelaskan bahwa banyak mahasiswa Akafarma selalu lolos saat test tulis namun saat wawancara mahasiswa, gagal berlanjut. 

Setelah dilakukan analisa,  kegagalan tersebut terjadi karena kurangnya bekal softskill dalam hal berkomunikasi saat wawancara dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). "Selain bekal softskill dalam berkomunikasi kedisiplinan mahasiswa yang melakukan PKL juga menjadi salah satu poin yang harus diperhatikan oleh setiap mahasiswa," ujarnya.

Ketepatan waktu dan kedisiplinan di tempat PKL menjadi pertimbangan DUDI untuk melakukan rekruitmen mahasiswa yang telah melakukan PKL di tempat tersebut. Mahasiswa dari kampus yang beralamat di Jalan Barito 5 Kota Malang tersebut diharapkan juga memahami apa yang dilakukan saat PKL serta dapat memberi masukan kepada institusi perihal kurikulum di kampus. 

Dalam agenda seminar, hasil PKL ini semua dosen dan  mahasiswa Akafarma   hadir dengan harapan mereka mengetahui informasi yang diberikan oleh 24 mahasiswa yang telah melakukan PKL di empat balai  yaiitu BPOM Surabaya, Dinas Kesehatan Kota Malang, Baristand Industri Surabaya, BBTPPI dan delapan Industri Kefarmasian yakni Garuda Food, Sucofindo, Sasa Inti, Jasa Tirta 1 Malang, Persada Laboratory, PT. Sejahtera Lestari Farma, dan Interbat Sidoarjo.

"Berdasarkan pemaparan pemateri mahasiswa yang telah melakukan PKL, 90.persen materi dan praktek yang sudah diberikan di kampus sudah sesuai dengan kebutuhan DUDI sehingga 10 persen. Sisanya dapat diperbaiki dari segi teori dan praktikumnya. Sementara itu adik tingkat yang hadir selaku audiece juga akan mendapat gambaran pekerjaan di DUDI dari kakak tingkat yang telah melakukan PKL dengan harapan mahasiswa dapat mengingat bahwa Ilmu yang didapatkan saat di bangku kuliah sangat bermanfaat dan tak sampai dilupakan," urai Neni. Informasi dan Pendaftaran Akafarma: 08121770930 dan 081252122717. (mar)

  • Editor : mar
  • Uploader : irawan
  • Penulis : marga
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI