Persipura Salahkan Gol Cepat Arema FC

  • 04-07-2019 / 21:33 WIB
  • Kategori:Arema
Persipura Salahkan Gol Cepat Arema FC Tim Mutiara Hitam takluk 1-3 dari Arema FC. Gol cepat hingga faktor lapangan, dianggap sebagai biang keladi kegagalan Ricardo Salampessy dkk.

MALANG – Persipura Jayapura gagal mencatatkan kemenangan pertamanya di kompetisi Liga 1 musim 2019 ini. Sebab, di laga keenam mereka, Tim Mutiara Hitam takluk 1-3 dari Arema FC. Gol cepat hingga faktor lapangan, dianggap sebagai biang keladi kegagalan Ricardo Salampessy dkk.

Persipura terkena gol cepat Arema di babak pertama. Setelah beberapa kali mampu menahan gempuran, gawang Dede Sulaiman akhirnya jebol di menit 6 melalui Makan Konate. Kala itu mereka gagal mengantisipasi permainan cepat Arema, dan tim yang dipimpin sementara oleh Lydio de Souza itu banyak berbuat kesalahan.

“Banyak kesalahan yang kami lakukan di awal pertandingan. Ini faktor lapangan yang awalnya terasa sangat keras sebelum hujan,” ujar Kapten Tim Persipura, Ricardo Salampessy.

Praktis, sepanjang 45 menit babak pertama Persipura nyaris tanpa peluang. Sebaliknya, mereka digempur oleh serangan oleh Dedik Setiawan dkk. Setelah gol Konate, mereka kebobolan lagi di menit 20 dari gol Dedik Setiawan setelah menerima umpan Sylvano Comvalius.

“Kami kesulitan diawal. Banyak terjadi miskomunikasi, terutama saat menerima serangan. Tetapi, sebenarnya lapangan bukan alasan utama sebab Arema juga bermain di lapangan yang sama,” paparnya.

Menurut Salampessy, Arema unggul karena sudah beradaptasi dan terbiasa di lapangan Stadion Gajayana yang terhitung lebih keras ketimbang di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen. Hal ini bisa dilihat dari gol-gol Arema yang terjadi.

“Arema bisa memanfaatkan keunggulan mereka,” tegas dia.

Di babak kedua, kondisi berubah karena hujan deras mengguyur. Kedua tim sama-sama kesulitan mengembangkan permainan. Apalagi, aliran bola tidak bisa ditebak karena genangan air di lapangan.

Pelatih Kiper Persipura, Alan Haviluddin mengatakan, dalam laga kemarin bisa dilihat bagaiamana keadaan lapangan mempengaruhi permainan tim. Khusus bagi tim Persipura, Alan mengakui timnya tidak bisa memainkan strategi dengan bagus.

“Faktor lapangan berpengaruh bagi kami dalam mengembangkan permainan. Pemain sulit melakukan permainan. Mungkin Arema sudah terbiasa,” papar dia.

Alan menyampaikan, Arema juga berhasil memanfaatkan goyahnya permainan Persipura pascakebobolan cepat di menit 6. Setelah itu, pertahanan Persipura harus berjibaku menahan agresivitas Konate, Dedik, Comvalius hingga Dend Santoso.

“Mereka mampu memanfaatkan keadaan dalam pertandingan,” pungkasnya. (ley)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ley
  • Fotografer : Guest

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Ofo Bekas

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Galakkan Minum Teh

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4

Perang dan Intrik dalam Trailer Terbaru 'The King;s Man'