Nihil Hepatitis A, Dinkes Kota Malang Imbau Masyarakat Selalu Waspada

  • 09-07-2019 / 17:03 WIB
  • Kategori:Malang
Nihil Hepatitis A, Dinkes Kota Malang Imbau Masyarakat Selalu Waspada Kepala Dinkes Kota Malang, Supranoto.

MALANG-Belum lama ini, penyakit Hepatitis A yang melanda Kabupaten Pacitan, Jawa Timur menjadi atensi khusus dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes). Mereka menjadikan penyakit tersebut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), karena ada 975 orang dari 8 kecamatan terjangkit virus tersebut.

Menanggapi hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang angkat bicara. Sampai saat ini, Kota Malang dinyatakan aman dari virus yang menyebabkan penyakit infeksi hati itu. "Sejauh ini, Kota Malang nihil. Data yang ada di Dinkes belum ada kasus penyakit Hepatitis A," terang dia ketika ditemui dalam sebuah kegiatan.

 

Baca Juga:

 

Meski demikian, Dinkes Kota Malang masih terus melakukan upaya pencegahan. Sejauh ini, sosialisasi terkait penyakit Hepatitis A juga telah diterapkan di masyarakat melalui tim promosi kesehatan (promkes) di masing-masing wilayah yang ada di Kota Malang.

"Untuk penanganannya kita sudah memberikan sosialisasi pada seluruh masyarakat, hal itu juga untuk mengetahui penyebaran penyakit Hepatitis khususnya A. Kemudian promkes juga telah membuat leaflat yang berisi informasi pencegahan dan disebarkan di masing - masing wilayah," imbuh dia.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai gejala awal Hepatitis A. "Gejalanya antara lain, badan akan terasa panas, lesu dan lemah. Hal yang signifikan dipastikan sebagai tanda yakni bagian mata berwarna kuning," papar dia.

Oleh karena itu, jika masyarakat menemui gejala yang tersebut harus segera mengunjungi fasilitas kesehatan agar mendapat penanganan lebih lanjut. "Harus mencari fasilitas kesehatan khususnya yang ada dokternya ya. Karena kalau ini tanda pastinya kelihatan berarti harus segera mendapat penanganan untuk manajemen terapi hepatitisnya," pungkas dia. (tea/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : tea
  • Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Ofo Bekas

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Galakkan Minum Teh

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4

Perang dan Intrik dalam Trailer Terbaru 'The King;s Man'