Biaya Jalur Mandiri Lima Kali Lipat SBMPTN

  • 10-07-2019 / 10:20 WIB
  • Kategori:Kampus
Biaya Jalur Mandiri Lima Kali Lipat SBMPTN pelaksanaan tes SBMPTN, hasilnya telah diumumkan kemarin.

MALANG - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN)  diumumkan secara online sejak pukul 15.00 WIB, kemarin (9/7). Bagi yang lolos seleksi, bisa langsung cek kelengkapan daftar ulang pada laman resmi perguruan tinggi penerima. Tapi bagi yang belum beruntung, tak perlu berkecil hati, lantaran masih ada jalur alternatif terakhir untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri yakni jalur mandiri.

Namun, pada jalur mandiri, calon mahasiswa baru harus siap merogoh kocek lebih dalam dibanding dengan mahasiswa reguler yang masuk melalui jalur SNMPTN atau pun jalur SBMPTN.

"Untuk jalur mandiri, mahasiswa akan dikenakan SPSA sebagai upaya subsidi silang antara mahasiswa mampu dan kurang mampu," kata Wakil Rektor I Universitas Negeri Malang (UM) Prof. Dr. Eko Budi Soetjipto, M. Ed., M.Si.

UM menjadi perguruan tinggi negeri di Malang yang sudah merilis rincian biaya kuliah jalur mandiri sejak pertengahan Juni lalu. Untuk masuk jalur mandiri di UM, para mahasiswa harus menyiapkan biaya Uang Kuliah Semester (UKS) yang lebih mahal lima kali lipat dibanding dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di UM kategori pertama dan masih ditambah dengan Sumbangan Pengembangan Sarana Akademik (SPSA) sesuai dengan prodi yang dipilih.

Seperti pada prodi Manajemen, yang pada jalur reguler hanya menentukan besaran UKT kategori pertama sebesar Rp. 1 juta. Namun pada jalur mandiri, nantinya mahasiswa harus membayar UKS kategori A sebesar Rp. 6,5 juta, ditambah dengan biaya SPSA sebesar Rp. 25 juta.

Kemudian juga untuk prodi Perpustakaan yang nominal pembiayaannya terendah di antara prodi lainnya yakni dengan ketentuan UKT jalur reguler sebesar Rp. 1 juta. Untuk jalur mandiri pada prodi Perpustakaan, mahasiswa harus membayar Rp. 5,4 juta untuk kategori A, dan biaya SPSA sebesar Rp. 7.5 juta.

UM sendiri telah membuka seleksi jalur mandiri sejak 26 Juni, yang akan dibuka sampai dengan 12 Juli. UM menyediakan kuota bagi jalur mandiri hingga 30 persen dari keseluruhan kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini yang jumlahnya mencapai 6.741. (mg3/oci)

  • Editor : oci
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Inasa
  • Fotografer : Inasa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Ofo Bekas

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Galakkan Minum Teh

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4

Perang dan Intrik dalam Trailer Terbaru 'The King;s Man'