Ini Cara PT KAI Kenalkan Armada Baru KA Mutiara Selatan

  • 10-07-2019 / 13:32 WIB
  • Kategori:Malang
Ini Cara PT KAI Kenalkan Armada Baru KA Mutiara Selatan SENANG: Anak yatim dan santri dari Surabaya senang diajak rekreasi gratis naik KA Mutiara Selatan.

MALANG- Suasana Stasiun  Kotabaru, Kota Malang, Rabu (10/7) tadi terlihat berbeda. Sebanyak 130 anak yatim piatu dan santri asal Surabaya meramaikan stasiun. Mereka  antusias mengikuti program Edutrain Ceria yang diselenggarakan oleh Daop 8 Surabaya. 

Program tersebut sekaligus memperkenalkan armada baru Kereta Api (KA) Mutiara Selatan.

Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto mengungkapkan, rombongan berangkat dari Surabaya dengan menggunakan KA Mutiara Selatan relasi Malang-Bandung.

"Kami menggelar program ini untuk memberikan edukasi tentang perkeretaapian kepada anak-anak," terang Suprapto.

Selama perjalanan, anak-anak diberi edukasi tentang pentingnya berhenti saat melewati palang pintu KA. Menurut Suprapto, hal tersebut cukup penting lantaran kecelakaan akibat kelalaian maupun menerobos palang pintu KA masih cukup banyak. "Mereka sangat menikmati dan sepanjang perjalanan menyimak edukasi yang diberikan dengan baik," ujar dia.

Selain naik kereta api gratis, anak-anak juga diajak bertamasya ke Museum Angkut di Kota Batu. "Di Museum Angkut juga sama untuk memberikan edukasi kepada anak-anak tentang angkutan di Indonesia. Setelah itu, langsung kembali ke Surabaya," ujar dia. 

Lebih lanjut, Suprapto mengungkapkan, kegiatan tersebut sudah dilaksanakan kali ketiga. Sebelumnya, pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMA sudah melakukan program tersebut. "Rencananya, dua minggu lagi, kami akan melakukan program Edutrain Ceria. Namun, rutenya dibalik, dari Malang menuju Surabaya," jelas dia.

Selain memberikan edukasi, pihaknya juga sekaligus memperkenalkan armada baru untuk gerbong KA Mutiara Selatan. "Fasilitas yang ada di dalamnya juga berbeda dari sebelumnya. Ini sekaligus menjadi strategi kami untuk memperkenalkan armada baru ini," papar dia.

Salah satu peserta, Kurnia Ayu mengaku senang karena baru pertama kali merasakan naik kereta api. "Rasanya senang bisa ikut naik kereta api, apalagi banyak temannya," kata dia.

Dia mengaku berangkat dari rumahnya yang ada di kawasan Gununganyar, Surabaya. Sekitar pukul 06.00 WIB diantar orang tuanya ke Stasiun Gubeng. "Naik kereta api sekalian jalan-jalan sama teman-teman," tandas dia.(tea/aim)

  • Editor : aim
  • Uploader : irawan
  • Penulis : tea
  • Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Ofo Bekas

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Galakkan Minum Teh

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4

Perang dan Intrik dalam Trailer Terbaru 'The King;s Man'