SMK PIM Siapkan SDM Menuju Revolusi Industri 4.0

  • 10-07-2019 / 14:35 WIB
  • Kategori:Sekolah
SMK PIM Siapkan SDM Menuju Revolusi Industri 4.0 TRAINING: Guru produktif  SMK PIM mengikuti in house traning dan akan mengaplikasikan media pembelajaran yang mengarah ke 4.0 ke semua peserta didik.

MALANG - Setelah melalui tiga tahap evolusi industri, tahun 2018 disebut sebagai awal dimulainya revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan sistem cyber-physical. Saat ini berbagai industri mulai menggunakan dunia virtual, berbentuk konektivitas manusia, mesin, dan data. Oleh karena itu alumni dari sekolah diharapkan dapat memahami dan siap dengan revolusi industri 4.0, sehingga diperlukan persiapan, termasuk metode pembelajaran pendidikan yang tepat. 

Dari sejumlah perubahan yang harus dilakukan, perbaikan SDM adalah salah satu hal yang harus sangat diperhatikan oleh sebuah instansi pendidikan. Perbaikan SDM tersebut dapat terlaksana salah satunya dengan cara mengubah metode pembelajaran dalam dunia pendidikan yang ada sehingga metode pembelajaran tersebut up to date dan lebih mudah diterima siswa saat pembelajaran di dalam kelas.

Perbaikan SDM di lingkungan SMK Putra Indonesia Malang (PIM) terus dilakukan menjelang dimulainya tahun ajaran baru 2019/2010 salah satunya dengan menggelar in house training bertajuk “Pengembangan bahan ajar digital, menggunakan whiteboard animation” dengan pemateri SEAMEO (SEAMOLEC) pada 5-6 Juli 2019 di Ruang Multimedia SMK yang beralamat di Jalan Barito 5 Kota Malang.

"Sekitar 20 guru produktif  yang mengikuti in house traning ini dan akan mengaplikasikan media pembelajaran yang mengarah ke 4.0”, ujar Kepala SMK PIM, Siti Zubaidah, S.Pd. Dia menjelaskan, SMK yang mempunyai jurusan Kimia Industri dan Farmasi Industri tersebut belajar sistem virtual untuk siswa kelas XI dan Kelas XII agar lebih mudah menangkap materi kompetensi keahlian yang disampaikan saat pelaksanaan teaching factory SMK PIM.

BACA JUGA: 

"Pembelajaran yang merujuk Revolusi Industri 4.0 Teaching Factory merupakan penyempurnaan program Smart School dari SMK PIM yang sudah dilaksanakan terlebih dahulu. Smart School yang telah dilaksanakan antara lain SMS Gateway, Finger Print Online, Penilaian Online/Raport Online serta Data Dapodik. Teaching Factory SMK yang mempunyai slogan “Touch Your Future” ini bekerja sama dengan PT. Garuda Food untuk merancang mini factory utility dalam memproduksi Air Aquadest yang sangat diperlukan dalam proses praktikum di SMK PIM setiap harinya," urainya. (mar)

  • Editor : mar
  • Uploader : irawan
  • Penulis : marga
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Ofo Bekas

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Galakkan Minum Teh

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4

Perang dan Intrik dalam Trailer Terbaru 'The King;s Man'