Peran DPD Masih Belum Banyak Diketahui

  • 10-07-2019 / 16:41 WIB
  • Kategori:Malang
Peran DPD Masih Belum Banyak Diketahui Tidak hanya konsep Smart City yang akan diterapkan di Kota Malang. Untuk pembangunan di Kota Malang juga membutuhkan Smart Decentralization.

MALANG- Tidak hanya konsep Smart City yang akan diterapkan di Kota Malang. Untuk pembangunan di Kota Malang juga membutuhkan Smart Decentralization, yakni bagaimana memaksimalkan  keterlibatan masyarakat dalam perencanaan hingga kontrol terhadap sistem pemerintahan.

Hal ini disampaikan Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Ir Fadel Muhammad, Rabu (10/7)  kemarin, dalam Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Sinergi DPD-DPR Melalui Peningkatan Peran Daerah dengan Smart Decentralization di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

“Konsep desentralisasi itu adalah bagaimana masyarakat lebih dilibatkan dalam perencanaan hingga kontrol terhadap sistem pemerintahan. Yang kita lihat saat ini, belum seperti itu, Karena masih terpusat pada kepala daerah saja untuk pemegang keputusan,” terang Fadel.

Dia mencontohkan,  Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan DPR daerah memiliki peran penting untuk menerapkan konsep Smart Decentralization. Namun selama ini, perannya belum begitu terlihat. Bahkan, banyak masyarakat yang tidak mengetahui peran DPD.

 

Baca Juga: 

 

“Hasil penelitian Charta Politika, persepsi publik terhadap kinerja DPD dari 800 responden yang tersebar di 8 kota, hanya 37.5 persen masyarakat percaya DPD,” tegasnya.

Kemudian sebanyak 40,5 persen lainnya mengaku tidak percaya, dan 22 persen tidak menjawab atau tidak tahu. 11,3 persen mengatakan DPD menjalankan fungsinya, 41,1 persen responden tidak tahu apa fungsi lembaga legislatif di Indonesia, termasuk DPD.

Sementara hasil penelitian Ombudsman RI, tingkat kepatuhan dalam pelaksanaan UU No 25 Tahun 2019 tentang Pelayanan Publik. Untuk pemerintah daerah memiliki tingkat kepatuhan rendah sebanyak 65.75 persen.

"DPD sudah diatur oleh regulasi. Saya ingin bicara, bagaimana penguatan kelembagaan ke depan. Sinergi DPD dengan DPR RI," tegas mantan Gubernur Gorontalo ini. (ica/aim)

  • Editor : aim
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ica
  • Fotografer : ica

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Ofo Bekas

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Galakkan Minum Teh

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4

Perang dan Intrik dalam Trailer Terbaru 'The King;s Man'