UPDATE NOW
UPDATE NOW
   UPDATE NOW

Ciptakan Mini Factory Aquades, SMK PIM Berhemat Rp 25 Juta

  • 11-07-2019 / 08:25 WIB
  • Kategori:Sekolah
Ciptakan Mini Factory Aquades, SMK PIM Berhemat Rp 25 Juta SOSIALISASI: Pembelajaran Teaching Factory dan workshop perangkat dilakukan SMK PIM Jalan Barito No 5 Malang.

MALANG- Sosialisasi pembelajaran Teaching Factory (Tefa) dan workshop perangkat pembelajaran digeber oleh SMK Putra Indonesia Malang (PIM) menjelang ajaran baru. Acara digelar 9 Juli 2019 di ruang PT-Na SMK yang beralamat di Jalan Barito 5 Kota Malang.

Pembelajaran Teaching Factory saat ini merancang alat untuk untuk membuat produk Air Aquades dalam merancang mini factory ini, SMK yang memiliki program keahlian Kimia Industri dan Farmasi Industri  ini didampingi oleh salah satu mitra dari industri yang memberikan beasiswa dan  telah bekerjasama dengan SMK. 

Mitra yang juga memiliki kelas di SMK PIM tersebut adalah PT. Garuda Food Putra Putri Jaya sehingga proses mulai produksi sampai barang jadi selalu diawasi dan dilakukan pengecekan secara teliti sehingga kualitas yang dihasilkan terjamin mutunya. Adopsi proses pengelolan air yang ada di PT. Garuda Food Putra Putri Jaya akan dirancang di Mini Factory SMK PIM guna membuat produksi Aquades, air ini merupakan udara dari hasil penyulingan atau biasa disebut dengan proses destilasi atau biasa juga disebut dengan air murni yang sangat diperlukan untuk praktikum sehari-hari. 

Dana Bantuan Kemendikbud Republik Indonesia  sengaja dialokasikan untuk mewujudkan Mini Factory SMK yang mempunyai tagline “ Touch Your Future “ ini. “Kebutuhan Aquades di SMK PIM saat ini sebanyak 10.000 liter tiap semester dan setara dengan Rp 25 juta sehingga diharapkan dengan mempunyai mini factory sendiri sekolah dapat menghemat biaya pengeluaran tersebut," ujar Kepala SMK PIM, Siti Zubaidah, S.Pd.

Lebih  lanjut dia menjelaskan jika nantinya produksi Aquades melebihi kebutuhan tidak menutup kemungkinan akan dipasarkan untuk beberapa sekolah yang membutuhkan aquades untuk praktikum pembelajaran. Saat ini tim berkolaborasi dari PT. Garuda Food Putra Putri Jaya  dan beberapa Guru produktif terus bekerja keras untuk merancang pembelajaran bersama perusahaan rekanan karena kebutuhan KIKD (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar) dapat tercapai sehingga siswa SMK PIM dapat mengetahui dan memahami alat yang sesuai dengan standart perusahaan dalam skala kecil selain itu target output berupa lulusan yang berkualitas dapat tercapai. Informasi dan Pendaftaran Akafarma: 08121770930 dan 081252122717 (mar)

  • Editor : mar
  • Uploader : irawan
  • Penulis : marga
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Horor Kakek

Korban Laka Plaosan Terlindas Setelah Masuk Kolong Truk

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Jelang Hari Adhyaksa Diapresiasi Gubernur

Per Juli, Siswa SMA-SMK Tak Perlu Bayar SPP

Ma Chung Misi Jadi Kampus Praktikal

Marvel Umumkan Tanggal Tayang 'Black Widow' dan Fase 4 MCU

Harga Tiket Final Indonesia Open 2019