Wajib Kenali Atribut Petugas Haji Indonesia di Mekah

  • 11-07-2019 / 13:50 WIB
  • Kategori:Nasional
Wajib Kenali Atribut Petugas Haji Indonesia di Mekah

Data Kementerian Agama (Kemenag) hingga Selasa (10/7) malam pukul 19.00 WAS (23.00 WIB) sebanyak 24.259 calon jamaah haji (CJH) Indonesia sudah berada di Madinah. Selanjutnya mereka akan dipandu menuju Makkah.

Sesuai jadwal Kemenag proses perjalanan CJH dari Madinah berlangsung mulai 14 Juli malam atau 15 Juli dinihari waktu Indonesia. Setibanya di Makkah jamaah biasanya mulai menjalankan umrah qudum atau umrah wajib bagian rangkaian ibadah haji.

Nah banyak kasus CJH Indonesia mengalami persoalan di Masjidilharam. Mulai dari terpisah dari rombongan, kelelahan, atau bingung dengan jalan keluar untuk kemudian menuju hotel masing-masing.

CJH yang mendapati persoalan di Masjidilharam tidak perlu panik. Sebab banyak petugas yang ditugaskan secara khusus untuk wilayah atau sektor Masjidilharam. Mereka siap membantu jamaah yang mengalami masalah.

Tidak sulit untuk mengenali petugas haji Indonesia melalui seragam dan atributnya. Mulai dari rompi hitam bertuliskan Petugas Haji Indonesia 2019 di bagian punggung dan bedge merah putih di lengan kanan.

Seragam berikutnya adalah baju putih. Sama seperti rompi, untuk baju juga ada bedge bendera merah-putih di lengan kanan. Kemudian di bagian punggung juga ada tulisan petugas haji Indonesia 2019.

Kondisinya sudah padat oleh CJH dari sejumlah negara. Sementara untuk jalur sai masih sepi. Sedangkan tempat primadona Hijir Ismail yang berada di sisi kiri juga belum terlalu padat untuk melaksanakan salat sunah dua rakaat. Hanya saja untuk masuknya harus berdesakan dengan jamaah yang keluar dari Hijir Ismail.

Direktur Bina Haji Kemenag Khoirizi H. Dasir menuturkan petugas haji harus siap membantu jamaah diminta atau tidak. “Jemaah tak perlu khawatir jika mengalami kesulitan. Panggil saja siapa pun yang mengenakan seragam yang dipunggungnya bertuliskan; Petugas Haji Indonesia 2019′. Pasti akan dibantu,” tandas Khoirizi. Hilmi Setiawan (jpc/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : Yohan
  • Penulis : JPC
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Ofo Bekas

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Galakkan Minum Teh

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4

Perang dan Intrik dalam Trailer Terbaru 'The King;s Man'