Ada Titik Terang Soal Nasib Huawei

  • 11-07-2019 / 15:51 WIB
  • Kategori:Techno
Ada Titik Terang Soal Nasib Huawei

Pemerintah Amerika Serikat akhirnya menjelaskan bagaimana nasib Huawei yang sebelumnya dicekal tidak bisa membeli teknologi AS tanpa izin. Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross, menyatakan perusahaan-perusahaan AS bisa kembali menjual perangkat ke Huawei dalam kondisi tertentu.

Kondisi dimaksud adalah jika penjualan perangkat itu tidak mengancam keamanan nasional. Ia menegaskan pula Huawei masih masuk dalam daftar cekal.

"Huawei sendiri masih berada di Entity List dan pengumuman ini tidak mengubah cakupan item yang mewajibkan adanya lisensi dari Departemen Perdagangan," sebutnya.

Penasehat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow, di pihak lain menjelaskan bahwa transaksi bisnis dengan Huawei hanya akan diperlunak dalam waktu terbatas. Artinya, jika tidak ada perubahan besar dalam perang dagang AS dan China, Huawei bisa kembali dicekal secara penuh.

Keringanan agaknya tetap tidak berlaku pada bisnis telekomunikasi Huawei. Pasalnya, AS sudah berulangkali menyatakan perangkat telekomunikasi dari vendor ini rentan jadi alat mata-mata pemerintah China.

Tindakan untuk memperingan sanksi pada Huawei menyusul pernyataan Trump dalam KTT G20 di Jepang. Kala itu, belum jelas seperti apa kelonggaran sanksi yang dimaksud oleh sang presiden.

"Dengan permintaan perusahaan teknologi tinggi kita, dan presiden Xi, saya setuju untuk mengizinkan perusahaan China Huawei membeli produk yang tidak berimbas pada keamanan nasional kita," begitu tweet Trump usai bertemu presiden China, Xi Jinping. (dtk/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : Yohan
  • Penulis : DTK
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Ofo Bekas

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Galakkan Minum Teh

Acak Nomor Peserta, Cegah Praktik Joki Sistemik

MPLS SMPK Sanmar 2 Ditutup Dengan Inaugurasi

Sukses dengan Thor: Ragnarok, Waititi Kembali Garap Thor 4

Perang dan Intrik dalam Trailer Terbaru 'The King;s Man'