UPDATE NOW
UPDATE NOW
   UPDATE NOW

Mahasiswa AKFAR PIM Ciptakan Zingibery Effervescent Sebagai Anti Tumor

  • 12-07-2019 / 14:45 WIB
  • Kategori:Kampus
Mahasiswa AKFAR PIM Ciptakan Zingibery Effervescent Sebagai Anti Tumor INOVASI: Temulawak Effervescent hasil inovasi mahasiswa AKFAR PIM menjadi produk inovatif sebagai anti tumor.

MALANG- Kampus Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang (AKFAR PIM) tak henti-hentinya berinovasi dalam bidang kefarmasian, Produk inovatif yang saat ini dibuat oleh mahasiswa yaitu Temulawak Effervescent. Temulawak yang biasanya lebih sering dipakai untuk jamu tradisional, saat ini disulap menjadi minuman Effervescent yang menyegarkan. 

Selain itu Temulawak (Curcuma Xanthorhiza Roxb) mengandung kurkumin yang mempunyai aktivitas sebagai antioksidan, sifat anti inflamasi, antibakteri, antivirus, anti jamur, antitumor, antispasmodic dan hepatoprotektik. Dengan menggunakan metode infudasi setiap 150 ml kemasan botol, mengandung 6 gram ekstrak temulawak dengan dosis perbotol 4 persen. 

Produk yang dihasilkan berbentuk cair, berwarna kuning, dan mempunyai rasa manis. Temulawak yang diberi nama CC Zingibery tersebut diinovasi menjadi effervescent dengan mencampurkan senyawa asam dan basa sehingga menghasilkan buih yang memberikan efek rasa segar dan dapat menutupi rasa yang tidak diinginkan. Produk yang dihasilkan memiliki keunggulan yaitu rasanya lebih enak, aman untuk lambung.

Selain itu, mempunyai nutrisi yang baik untuk tubuh. Latar belakang diproduksinya Temulawak Effervescent ini karena mahasiswa melihat saat ini banyaknya aktivitas yang padat dari setiap orang yang membuat daya tahan tubuh menjadi menurun. Maka untuk meningkatkan daya tahan tubuh, maka minuman tradisional temulawak bisa menjadi alternatif menangkal radikal bebas 

Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat membuat tubuh mengalami stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan kondisi dimana jumlah radikal bebas dalam tubuh lebih banyak daripada pertahanan antioksidan (yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas). Hal ini menyebabkan terjadinya berbagai kerusakan sel dalam tubuh, seperti lipid, protein, dan asam nukleat.

Stres oksidatif ini kemudian dapat menyebabkan berbagai penyakit. Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit parkinson, kanker, sampai menyebabkan penuaan. Radikal bebas dapat merusak kode DNA, sehingga sel baru tumbuh dengan tidak benar dan menyebabkan penuaan. Antioksidan bersifat menangkal radikal bebas. 

Jika dibiarkan, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat. Radikal bebas ditengarai sebagai penyebab berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan. Produk inovasi tersebut merupakan karya inovasi dari kelompok mahasiswa AKFAR PIM, Adinda Savitri SMKN 13 Malang, Dela Mia Meilinda SMK PIM, Fitria Nur Pangestika SMK PIM, Muhamad Rizal Fanani SMK ISLAM Kepanjen dan Rinda Dwiki Ferina Wantini SMKN 10 Malang. (mar) 

  • Editor : mar
  • Uploader : irawan
  • Penulis : marga
  • Fotografer : marga

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Horor Kakek

Korban Laka Plaosan Terlindas Setelah Masuk Kolong Truk

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Jelang Hari Adhyaksa Diapresiasi Gubernur

Per Juli, Siswa SMA-SMK Tak Perlu Bayar SPP

Ma Chung Misi Jadi Kampus Praktikal

Marvel Umumkan Tanggal Tayang 'Black Widow' dan Fase 4 MCU

Harga Tiket Final Indonesia Open 2019