Jika Inkrah, Kades Druju Diganti Pjs dan Pilkades Ulang

  • 12-07-2019 / 20:44 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Jika Inkrah, Kades Druju Diganti Pjs dan Pilkades Ulang Foto: ipunk purwanto/dok.malangpostonline.com

MALANGPOSTONLINE.COM - Meski nanti dilantik sebagai Kades Druju, namun posisi Mujiono belum aman. Nasibnya bisa berubah, jika Mujiono terbukti melakukan tindak pidana dan sudah ada putusan hukum tetap alias inkrah. Dia bisa langsung diberhentikan. Bahkan posisinya akan diganti dengan orang lain.

Hal itu diterangkan Inspektur Kabupaten Malang, Tridiyah Maistuti kepada Malang Post Online. , Selain itu, Tridiyah juga menyebutkan, saat kades terpilih itu ditahan lebih dari 5 tahun, maka posisinya pun langsung dihentikan.

"Kalau dia ditahan, setelah pelantikan posisinya juga langsung diganti pejabat sementara," katanya.

Pemilihan ulang Pilkades menjadi opsi yang harus dilakukan, jika kades terpilih berhalangan hadir.

 “Namun jika nanti sudah ada putusan hukum tetap, yang bersangkutan terbukti, maka aturannya ya diberhentikan,” terangnya

Tridiyah mengelak jika nanti yang dipilih adalah pemenang nomor 2 menggantikan posisi kades di Desa Druju. Kepada Malang Post, wanita berkacamata ini pun menjelaskan, sistem Pilkades berbeda dengan sistem Pemilihan Legislatif. Di mana jika ada anggota legislatif terpilih ditetapkan, dan prosesnya sudah inkrah, maka digantikan oleh calon di bawahnya.

"Tidak begitu. Kalau kades sistemnya tidak seperti Pemilihan Kepala Daerah. Jika berhalangan tetap, posisinya digantikan orang lain. Kalau kepala daerah memiliki wakil, maka wakil itulah yang maju atau naik sebagai kepala," ucapnya.(ira/ary)

Editor : Ary
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU