Antisipasi Kekurangan Air Bersih, Donomulyo dan Sumawe Diberi Hidran

  • 15-07-2019 / 18:17 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Antisipasi Kekurangan Air Bersih, Donomulyo dan Sumawe Diberi Hidran ANTISIPASI KEKERINGAN: Petugas Perumda Tirta Kanjuruhan memasang hidran umum di daerah rawan kekeringan.

MALANG- Pemkab Malang melalui Perumda Tirta Kanjuruhan, memasang belasan hidran umum (HU). Pemasangan HU dilakukan didua kecamatan, yakni Donomulyo dan Sumbermanjing Wetan sebagai antisipasi terjadinya kekeringan saat musim kemarau tahun ini. Sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan mendapat air bersih.

Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Humas Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Eko Priyo Ardianto, mengatakan, ada 18 HU yang terpasang untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Semuanya baru terpasang di dua kecamatan, yang memang selama ini masuk daerah rawan kekeringan.

"Permintaan air bersih saat musim kemarau ini, memang belum ada. Namun pemasangan HU ini kami pasang untuk antisipasi terjadinya kekeringan," jelas Eko Priyo Ardianto, kemarin.

 

Baca Juga:

 

Dikatakan, seluruh HU yang terpasang akan diisi air bersih oleh truk tangki yang tersedia. Baik diisi oleh Perumda Tirta Kanjuruhan, BPBD, PMI atau truk tangki milik Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang.

Lebih lanjut, menurut Eko, truk tangki yang dimiliki Perumda Tirta Kanjuruhan, ada tiga unit. Truk tangki tersebut siaga selama 24 jam. Ketika sewaktu-waktu ada permintaan air bersih, siap untuk mendistribusikan.

"Tetapi leader pendistribusian air bersih untuk daerah kekeringan tetap BPBD. Ketika ada wilayah desa yang mengalami kekeringan dan membutuhkan air bersih, maka BPBD meminta Perumda Tirta Kanjuruhan untuk mengirim air bersih,” jelasnya.

Di Kabupaten Malang, ada 18 desa yang tersebar 8 kecamatan rawan terjadi kekeringan. Di Kecamatan Donomulyo, ada Desa Purwodadi dan Sumberoto yang setiap tahun mengalami kekeringan. Di dua desa ini, terpasang 9 HU untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

"Sedangkan di Kecamatan Sumbermanjing Wetan terdapat tiga desa, yakni Sumberingin, Druju, dan Sumberagung. Dimana setiap tahun, wilayah tersebut mengalami kekeringan, dan warganya membutuhkan air bersih," tuturnya. (agp/udi)

  • Editor : udi
  • Uploader : slatem
  • Penulis : agp
  • Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI