1500 Pasukan Ikuti Latihan Angkasa Yudha TNI AU

  • 15-07-2019 / 18:26 WIB
  • Kategori:Kabupaten
1500 Pasukan Ikuti Latihan Angkasa Yudha TNI AU PERIKSA PASUKAN: Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI Hesly Paat memeriksa kesiapan anggota yang akan mengikuti latihan Angkasa Yudha TNI Angkatan Udara tahun 2019.

PAKIS –  Sebanyak 1500 anggota Lanud Abd Saleh mengikuti Latihan Angkasa Yudha TNI AU 2019 di AWR Lumajang. Pemberangkatan anggota ditandai dengan Apel Kesiapan di Taxy Way Skadron Udara 32 Wing 2. Senin (15/7). Apel kesiapan dipimpin langsung Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Hesly Paat.

Hesly yang membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M, mengatakan, Angkasa Yudha merupakan kulminasi TNI Angkatan Udara, sebagai akumulasi dari berbagai latihan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

Kegiatan latihan ini sekaligus sebagai bentuk refleksi, pembinaan yang telah dilakukan. Mulai dari unsur intelijen, operasi, personil, logistic, unsur komlek, juga unsur  lainnya yang menjadi kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Udara..

Dalam sambutannya, Hesly juga menyampaikan Latihan Angkasa Yudha merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun. Tujuannya, menguji kesiapan operasional satuan-satuan di jajaran TNI AU. Mulai dari tingkat Kotama operasi sampai dengan satuan setingkat pangkalan udara dengan berbagai unsur kekuatannya.

”Latihan ini menggunakan skenario, dengan yang sudah direncanakan dengan matang, untuk menguji kemampuan seluruh satuan tersebut dalam mengimplementasikan doktrin Swa Bhuana Paksa dalam melaksanakan operasi udara,’’ urai Hesly.

Dia juga menyebutkan, latihan Angkasa Yudha merupakan wujud akuntabilitas institusi TNI AU kepada masyarakat Indonesia. Dimana pertanggungjawaban terhadap uang rakyat yang sudah diberikan oleh negara, akan dikembalikan dalam wujud unjuk kekuatan dan kemampuan sebagai bentuk profesionalisme dan kesiapan TNI Angkatan Udara dalam menjalankan fungsinya sebagai penangkal, penindak, serta pemulih untuk mengawal kedaulatan, keutuhan serta keselamatan Negara Republik Indonesia.

Lantaran itulah, Danlanud meminta kepada seluruh anggota untuk bersungguh-sungguh saat melaksanakan latihan. ”Meskipun ini latihan, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, penuh semangat, dan profesional,’’ tambahnya.

Tak ingin berlama-lama, usai apel, Danlanud bersama para pejabat TNI AU lainnya langsung melakukan pengecekan kesiapan pasukan. Dia memberikan apresiasi kepada seluruh anggota, yang sudah mempersiapkan diri. Mulai dari persenjataan hingga peralatan.

Selain 1500 anggota yang terlibat, seluruh pesawat di Lanud Abd Saleh juga dilibatkan dalam pelaksanaan latihan yang digelar selama dua hari itu. Yakni pesawat Super Tucano dari Skadron 21, Hercules dari Skadron 32 dan pesawat Cassa dari Skadron 4. (ira/udi)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU