SMAI Kepanjen Kuatkan Karakter dalam MPLS

  • 17-07-2019 / 12:45 WIB
  • Kategori:Sekolah
SMAI Kepanjen Kuatkan Karakter dalam MPLS

KEPANJEN- Sebanyak 153 siswa baru mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA Islam Kepanjen. Kegiatan dilaksanakan Senin (15/7) lalu berlangsung dengan tertib. Seperti tahun ajaran baru sebelumnya kegiatan MPLS ini selain melibatkan OSIS. Kali ini, sekolah yang terletak di jalan Diponegoro 152 Ardirejo kepanjen ini bekerja sama dengan beberapa instansi. Diantaranya Polres Malang, Poltekkes Kementrian Kesehatan  Malang dan bimbel.

"Pelaksanaan MPLS tahun ini lebih menitikberatkan  kepada potensi  siswa. Juga membangun serta menguatkan  karakter siswa untuk menyongsong  generasi Milenial yang disertai dengan kemajuan teknologi," ujar Ketua Pelaksana MPLS SMA Islam Kepanjen  M. Rosuli M.Pd.

Selama MPlS, siswa diajak melakukan kebiasaan yang selalu dilaksanakan di sekolah. Seperti salat dhuha yang dilaksanakan setiap pagi. Di hari pertamanya kegiatan diawali dengan sholat Dhuha bersama yang dipimpin oleh Drs. M. Munir dan dilanjutkan dengan  upacara  pembukaan yang dilakukan langsung oleh kepala SMA Islam Kepanjen Drs. H. Musoli Haris M.Pd. Siswa baru juga diberikan materi tentang pentingnya gizi terhadap prestasi belajar yang dibawakan oleh tim Poltekkes Malang, dilanjutkan dengan materi  Character Building 1 dan 2 yang dibawakan  oleh Tim  Polres Malang.

Dikesempatan itu juga  Waka Humas SMA Islam Kepanjen Irwan Farudi S.Pd  menambahkan di kegiatan ini siswa baru juga mendapatkan materi yang tidak ada disekolah lain. Materi tersebut adalah Islam terapan contohnya baca Alquran, sallat dan gerakan.

" Siswa baru juga diajak untuk mengikuti fun game yang bertujuan untuk menjalin kerja sama diantara mereka," kata dia.

Hari kedua kegiatan diisi dengan materi pokok yaitu SMAISAKA yang berisi tata tertib sekolah . Dikenalkan juga budaya lingkungan adiwiyata, dan setelah itu siswa akan mendapatkan materi wawasan kebangsaan, yang kemudian dilanjutkan dengan materi kurikulum 13 dan belajar di SMAISAKA dan Fun game. Kemudian dilanjutkan setelah Ishoma  dengan materi Islam terapan yaitu Baca Al Qlquran , sholat dan gerakan.

Sementara itu kepala SMA Islam Kepanjen Drs. H. Musoli Haris M.Pd menjelaskan jika kegiatan MPLS ini sangat penting dan bermanfaat  bagi anak anak yang baru masuk ke jenjang sekolah menengah.

"Kami mengutamakan untuk membangun karakter yang baik, karena kalau karakter baik pelajaran akan mudah masuk," tegasnya .

Hari terakhir,  MPLS diisi dengan materi tentang  Gadget Aktif dan  dunia anak milenial. Dilanjutkan dengan sosialisasi Program Double track yang dipandu oleh Didik Sunariyanto S.Pd, yang diteruskan dengan materi  “ be a Succes student “  tim Erlangga. Agenda lainnya yakni pengenalan ekstrakurikuler oleh tim ekstrakurikuler.

"Setelah mengikuti kegiatan MPLS ini semoga mereka bisa langsung fokus belajar yang sungguh sungguh dan bangun karakter yang baik,” harap Drs. H. Musoli Haris M.Pd. (mp1/oci)

Editor : oci
Uploader : irawan
Penulis : ist
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU