Perbaiki Infrastruktur Kawasan Timur, DPUBM Siapkan Rp 38 M

  • 17-07-2019 / 15:31 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Perbaiki Infrastruktur Kawasan Timur, DPUBM Siapkan Rp 38 M DIPERBAIKI: Jalan Raya Desa Bokor Tumpang dibenahi untuk mendukung KSPN BTS.

TUMPANG- Pemerintah pusat menetapkan Bromo Tengger Semeru (BTS) sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Penetapan itu mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Malang. Salah satunya dengan mendukung pembangunan infrastruktur.

Kepala Bidang Pemeliharaan, Dinas PU Binamarga, Kabupaten Malang, Suwiknyo mengatakan, terkait  infrastruktur mendukung KSPN pihaknya menyiapkan anggaran Rp 38 M. "Tidak sekadar melakukan pemeliharaan jalan, tapi juga meningkatkan fasilitas jalan," katanya. Suwiknyo menyebutkan, untuk peningkatan fasilitas jalan, selain melakukan pelebaran, juga membangun saluran air.

Menurut Suwiknyo, saluran air sangat penting, untuk pemeliharaan jalan. "Terlebih saat musim penghujan. Sehingga nanti tidak ada air yang menggenang ke jalan, sehingga kondisi jalan tetap bagus," tambahnya.

 

 

Sementara untuk peningkatan jalan, kata Suwiknyo, saat ini sedang mengerjakan di wilayah Desa Slamet dan Desa Bokor, Kecamatan Tumpang. Aspal yang kondisinya memprihatinkan diperbaiki dengan sistem iris. pengerjaan dilakukan sejak dua pekan terakhir. "Kami memperbaiki dulu jalan yang rusak, kalau aspalnya ambles kami kerok, untuk kemudian dilapisi dengan beton rigit, selanjutnya dilapisi  hotmix," urainya.

Dia menyebutkan, pekerjaan perbaikan dan peningkatan dikerjakan sekitar 3 bulan. Untuk kawasan tersebut, dilakukan pelebaran hingga enam meter. Dengan jalan yang cukup lebar, diharapkan pengendara kendaraan lebih merasa nyaman.

"Jalan tersebut milik Kabupaten Malang, dan menjadi jalan alternatif wisatawan yang akan menuju Bromo Tengger Semeru," ungkapnya. 

Sejauh ini, lanjut Suwiknyo, di jalan itu kendaraan yang melintas cukup padat. Perbaikan dan peningkatan jalan ini dilakukan sepanjang 10 kilometer. Selain di wilayah Tumpang, pengerjaan proyek jalan juga dilakukan di wilayah Poncokusumo. "Di Desa Ngadas, kami melakukan pelebaran jalan. Sekarang sedang dalam pengerjaan," tuturnya. (ira/udi)

  • Editor : udi
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ira
  • Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI