MMI Terima Penghargaan Mitra Perpusnas

  • 17-07-2019 / 15:50 WIB
  • Kategori:Malang
MMI Terima Penghargaan Mitra Perpusnas

MALANG - Membanggakan. Museum Musik Indonesia menerima penghargaan nasional “Anugerah Mitra Perpustakaan Nasional 2019” hari ini. Penghargaan diterima langsung Ketua Musim Musik Indonesia Hengki Herwanto tadi siang di Auditorium Soekarman Perpustakaan Nasional RI Jakarta Pusat. 

Perlu diketahu pernghargaan tahunan nasional ini diberikan pada orang atau lembaga yang dinilai memiliki dedikasi tinggi pada pelestarian kepustakaan juga budaya. Sebagai wujud  apresiasi kepada penerbit, penulis dan masyarakat yang aktif dan peduli terhadap pelaksanaan  Undang-Undang Nomor 13 tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Ketua MMI Hengki Herwanto mengungkapkan rasa syukurnya dapat menerima penghargaan yang akan dijadikan sebagai motivasi kedepan.

“Tentu ini akan menjadi pendorong dan penambah semangat teman-teman MMI untuk terus memberikan yang terbaik untuk permusikan dan sejarah musik di Indonesia. Harapannya kedepan semakin bisa berkembang,” tegas Hengki saat diminta tanggapan.

Ia yang selain menerima penghargaan juga turut diundang sebagai pemateri talkshow dalam event ini mengatakan MMI tidak hanya sekedar mengoleksi benda bersejarah musik di Indonesia. Tetapi juga turut memberikan edukasi.

Seperti salah satu contohnya kegiatan membaca dan membuat not balok di beberapa sekolah di Kota Malang belum lama ini. 

“Ini yang kami lakukan agar anak-anak atau generasi penerus juga mengerti not balok serta ilmu-ilmu musik yang sejak dahulu sudah diturunkan,” tegasnya. 

Hingga kini, total koleksi MMI tercatat sebanyak 26.109. Didominasi koleksi berupa kaset musik yang berjumlah sekitar 15.000 an koleksi. Disusul piringan hitam sebanyak 2.650 buah hingga koleksi berupa instrument musik tradisional, majalah musik hingga leaflet jaman dulu yang berhubungan dengan musik. (ica)

  • Editor : ica
  • Uploader : irawan
  • Penulis : ica
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI