Generasi Z SMK PIM Pantang Menyerah, Kenali Potensi Diri Melalui MPLS

  • 17-07-2019 / 16:11 WIB
  • Kategori:Sekolah
Generasi Z SMK PIM Pantang Menyerah, Kenali Potensi Diri Melalui MPLS PENGENALAN: Siswa dan siswi SMK PIM mengikuti MPLS mulai pengenalan sekolah hingga pengenalan laboratorium di Jalan Barito 5 Malang.

MALANG - Senin (15/7) merupakan hari pertama masuk sekolah bagi seluruh peserta didik di Indonesia setelah libur panjang. Memasuki hari pertama, para peserta didik baru akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. SMK Putera Indonesia Malang (PIM) yang mempunyai tagline "Touch Your Future" ini memiliki agenda MPLS hingga 19 Juli 2019. 

MPLS di sekolah yang beralamat di Jalan Barito no 5 Kota Malang ini terbagi dalam dua sesi. Sesi intern siswa akan menerima paparan materi dari guru-guru di lingkungan SMK PIM, materi yang disampaikan antara lain: tes gaya belajar dari tiap siswa, wawasan wiyata mandala, entrepreneur, sosialisasi kesiswaan, lab tour, sosialisasi ekstra kurikuler, hingga sosialisasi Bursa Kerja Khusus.

"MPLS dilaksanakan diawal memiliki banyak tujuan diantaranya untuk mengenali potensi diri peserta didik baru, membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi dan semangat belajar efektif bagi peserta didik baru, mengembangkan interaksi positif antara peserta didik , warga sekolah lainya dan lingkungan masyarakat, serta menumbuhkan perilaku positif dalam diri peserta didik," kata Siti Zubaidah S.Pd, Kepala SMK PIM.

Lebih lanjut Kepala SMK yang mempunyai dua program keahlian Kimia Industri dan Farmasi Industri tersebut memaparkan bahwa untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar efektif bagi peserta didik baru maka perlu dilaksanakan tes gaya belajar pada awala MPLS oleh tim BK SMK PIM.

Untuk mengembangkan interaksi positif antara peserta didik, warga sekolah lainya dan lingkungan masyarakat, serta menumbuhkan perilaku positif dalam diri peserta didik, maka MPLS pun digelar di luar lingungan sekola. Peserta didik akan menerima penguatan pendidikan karakter yang diberikan oleh Batalyon Infanteri Lintas Udara 502 Jabung Kabupaten Malang. 

Agenda ini berisi beberapa materi diantaranya, mengenal jati diri bangsa, wawasan kebangsaan, wawasan bela negara, hingga materi anti radikal. "Sehingga diharapkan pascaacara MPLS siswa akan lebih cinta tanah air dan terhindar dari faham teroris," tambah Siti Zubaidah.

Sesi outdoor yang dilakukan mulai 18-19 Juli 2019 diadakan di Batalyon Infanteri Lintas Udara 502 Jabung  akan ditutup dengan kegiatan outbond sehingga siswa dapat membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi dan menambah jiwa gotong royong dan kerjasama tim yang kuat.

“Sengaja kegiatan MPLS kami gelar diluar kampus dengan melibatkan Batalyon Infanteri Lintas Udara 502 Jabung Kabupaten Malang yang akan menempa peserta didik memiliki karaktar  gotong royong , kerjasama tim yang kuat serta pantang menyerah," ujar kepala sekolah yang juga alumni SMK PIM. Informasi dan Pendaftaran Akafarma: 08121770930 dan 081252122717 (mar)

Editor : mar
Uploader : irawan
Penulis : marga
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU