Auto2000 Ubah Image

Kembangkan Wirausaha Jamur Daerah Panas

  • 17-07-2019 / 17:15 WIB
  • Kategori:Ekonomi, Nasional
Kembangkan Wirausaha Jamur Daerah Panas GERBANG: Warga Cengkareng Timur Jakarta mempersilakan tamu berkunjung ke Kampung Berseri Astra (KBA) di areal panas dan padat penduduk.

JAKARTA - AUTO2000 mengubah image jika jamur tiram hanya bisa tumbuh di daerah dengan suhu dingin. Buktinya jamur juga bisa tumbuh di Kampung Berseri Astra (KBA) RW 011 Kelurahan Cengkareng Timur Jakarta Barat, kawasan panas. Budidaya jamur ini menjadi salah satu ikon kampung binaan Auto2000 melalui program CSR. 

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur ini berada di kawasan padat. Kanan kiri kampung juga banyak terdapat perusahaan besar. hampir semua lahan sudah penuh dengan rumah warga sehingga ruang terbuka hijau sangat minim. Sama seperti daerah lain di Jakarta, kawasan ini memiliki suhu rata-rata 28 derajat celsius. 

Kondisi tentu sangat berbeda dengan daerah Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang memang menjadi sentra petani jamur. Di sekitar utara Kota Batu ini, jamur bisa tumbuh subur karena suhu dingin. 

Budidaya jamur di KBA timur ini hanya berada pada lahan 3 x 3 meter persegi. Lahan tersebut berikan bangunan semi permanen. Bagian atap tetap tertutup. Sisi atas dan bawah dinding diberikan sirkulasi udara. Dalam bangunan semi permanen ukuran kecil inilah terdapat rak-rak dengan jamur tumbuh subur. 

Tempat budidaya jamur ini berdiri di lahan milik M Suni. Karyawan salah satu perusahaan kaos kaki ini juga menjadi pengelolanya. Dia memanfaatkan sisa lahan 600 meter persegi setelah sebagian digunakan untuk rumah dan tanaman obat hingga tanaman hijau. 

Budidaya jamur ini berjalan sekitar lima bulan. Dia memanen jamur dua hari sekali sebanyak 3-4 kilogram. Dari hasil panen jamur itu dia mendapatkan penghasilan tambahan sekitar Rp 80 ribu per panen karena jamur memiliki harga Rp 20 ribu per kilogram.

"Dulu saya jual sendiri ke pasar. Tapi sekarang pasar sendiri yang datang berebut beli jamur. Malahan kalau ada warga yang beli untuk diolah, harus antre dan daftar dulu. Itu karena permintaan cukup banyak dan stok terbatas," tandas bapak dua anak ini. 

Facility Manajemen & General Affair Dept Head Auto 2000, Budi Arifani sangat optimis jika jamur tiram bisa tumbuh di daerah panas. Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan ujicoba budidaya jamur di kantornya daerah Jakarta Utara. Suhu udara di Jakarta Utara lebih panas daro Jakarta Barat dan hamur tiram masih bisa tumbuh subur. 

"Suhu rata-rata Jakarta Utara 30 derajat celsius atau lebih panas dari Jakarta Barat. Kalau di Jakarta Utara, jamur bisa tumbuh, di Jakarta Barat pasti bisa," terangnya sembari mengatakan tidak ada teknologi khusus untuk membuat jamur tumbuh di daerah panas. 

Menurutnya, CSR pengembangan wirausaha jamur ini bisa dikembangkan daerah-daerah. Pasar jamur ini sangat luas tapi stok terbatas. Jamut ini memiliki protein tinggi sehingga bisa menggantikan daging ayam dengan harga lebih terjangkau. 

"Apalagi Malang, sangat bisa. Itu karena Malang jauh lebih dingin dibanding Jakarta. Gak usah ke Batulah, Dinoyo atau Tlogomas saja, jamur bisa tumbuh subur," tegas pria yang sangat paham kondisi Malang ini. 

Budi paham kondisi Malang karena pernah lama tinggal di kota dingin ini. Dia adalah alumnus SMAN 8 Malang dan lama tinggal di kawasan Griyashanta Kota Malang. 

Dia menjelaskan, Kampung Berseri Astra Cengkareng timur sudah ada sejak tiga tahun. Hanya saja wirausaha jamur baru dilaunching tahun 2019 ini. Sedangkan sektor lain bergerak pada lingkungan, kesehatan hingga pendidikan. Sektor pendidikan, salah satunya program adiwiyata SDN Cengkareng Timur 21. SD tersebut juara adiwiyata tingkat provinsi DKI dan kini bersiap melaju ke tingkat nasional. (feb)

  • Editor : feb
  • Uploader : slatem
  • Penulis : febri
  • Fotografer : febri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI