Bongkar Kotak Amal Masjid Baiturrochim, Ditangkap Warga Kertosentono

  • 18-07-2019 / 18:24 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Bongkar Kotak Amal Masjid Baiturrochim, Ditangkap Warga Kertosentono AMANKAN: Bhabinkamtibmas Ketawanggede saat menggiring maling kotak amal ke mobil patroli.

MALANG – Seorang pria tertangkap basah membongkar kotak amal di masjid Baiturrochim Jalan Kertosentono Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru. Tepatnya, Kamis (18/7( siang, Saiful A, 40, warga Jalan S Supriadi Kecamatan Sukun ini diamankan warga Kertosentono karena dipergoki membongkar kotak amal.

Polsek Lowokwaru secepatnya merapat ke lokasi. Kapolsek Lowokwaru, Kompol Pujiono membenarkan hal tersebut. “Benar, kami terima laporan ada tangkap tangan pencurian kotak amal. Anggota kami langsung merapat ke lokasi,” kata Pujiono kepada Malang Post, Kamis siang.

 

 

Dari informasi yang dihimpun, pelaku Saiful yang pekerjaan hariannya karyawan swasta, tampak mengendap-endap di masjid tersebut sekitar dhuhur. Setelah melihat kondisi sekitar sepi, dia membongkar kotak amal dengan alat yang dibawanya. Dia sempat mengambil sejumlah uang yang jika ditotal tidak sampai Rp 100 ribu.

Namun, ulahnya ketahuan warga. Tanpa pikir panjang, Saiful berupaya kabur. Namun, karena sudah tertangkap basah, dia langsung dibekuk warga. Mereka menggeledah pelaku dan menemukan uang dari kotak amal yang tercuri. Bhabinkamtibmas Ketawanggede saat itu juga langsung merapat ke lokasi.

Setelah mengamankan pelaku di dalam ruangan di sekitar masjid, Unit Reskrim Polsek Lowokwaru ikut merapat. Pelaku langsung dimasukkan ke dalam mobil patroli dan dibawa ke markas Polsek Lowokwaru. “Barang bukti berupa uang yang diambil dari kotak amal, tidak sampai Rp 100 ribu,” ujar Pujiono.

Kanit Reskrim Polsek Lowokwaru Iptu Sochib menerangkan, karena barang bukti atau kerugian uang tidak lebih dari Rp 2,5 juta, pelaku maling kotak amal ini tidak ditahan. Namun, dia tetap mewarning dan mewanti-wanti pelaku untuk tidak lagi mengulangi perbuatannya. Karena, jika sampai mengulangi lagi perbuatan itu, maka pelaku bisa ditahan dan didakwa. “Kerugian di bawah Rp 2,5 juta, kena peraturan MA,” tutupnya.(fin/lim)

  • Editor : lim
  • Uploader : slatem
  • Penulis : fin
  • Fotografer : fin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI