Wow... Semua Pantai Malang Selatan Berpotensi Tsunami, Khususnya 11 Lokasi ini

  • 19-07-2019 / 23:05 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Wow... Semua Pantai Malang Selatan Berpotensi Tsunami, Khususnya 11 Lokasi ini

MALANG – Ternyata tidak hanya Pantai Tamban, di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, yang berpotensi tsunami. Tapi semua pantai di wilayah Malang Selatan memiliki potensi terjadi tsunami.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang, Abdul Rochim. Kepada Malangpostonline.com, Rochim mengatakan, semua daerah di wilayah pantai memiliki potensi tsunami jika terjadi gempa tektonik.

”Tapi kan terjadinya tsunami itu tidak bisa diprediksi. Sehingga meskipun ada gempa tektonik, bukan berarti berdampak tsunami. Sehingga intinya, apakah terjadi tsunami atau tidak tetap menunggu informasi dari BMKG,’’ urainya.

Kendati demikian, bukan berarti BPBD pasrah. Besarnya potensi tsunami di wilayah pesisir, pihaknya pun sudah melakukan usaha untuk meminimalisir korban jiwa. ”Maka dari itu, saat ada gempa dan BMKG menginformasikan berpotensi tsunami, maka warga yang hidup di pesisir pantai harus segera melakukan evakuasi mandiri. Ada waktu 30 menit untuk meninggalkan lokasi, dan mencari tempat yang lebih tinggi,’’ katanya.

Saat evakuasi, warga tidak perlu membawa barang banyak. Tapi yang prioritas adanya nyawanya sendiri dan keluarganya. Harta benda ditambahkan Rochim dibawa seadanya atau yang diperlukan saja.

Sosialisasi tentang evakuasi mandiri sendiri sudah diberikan BPBD Kabupaten Malang sejak lama. Dan diharapkan, masyarakat pun dapat mengaplikasikan jika tsunami terjadi.

”Intinya, saat terjadi gempa dan itu berisiko tsunami, maka warga di sekitar pesisir pantai tidak boleh panik. Karena masih ada waktu untuk menyelamtakan diri,’’ ungkapnya.

Menurut Rochim, tsunami tidak langsung menerjang sesaat setelah gempa. Tapi ada waktu, sekitar 30 menit setelah gempa. Sehingga warga juga memiliki waktu untuk menyelamatkan diri.

Hal yang sama diucapkan Muji Utomo, Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang Muji Utomo mengatakan, di Kabupaten Malang, mengatakan potensi tsunami bisa terjadi di seluruh wilayah Pantai di Kabupaten Malang.

Namun demikian, dari sekian pantai, hanya 11 pantai yang lokasinya berdekatan dengan pemukiman warga. 11 pantai tersebut berada di empat kecamatan.  Yaitu Kecamatan Lebakharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan, Gedangan. Meliputi 10 desa.

 

 

”Pantai paling banyak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Yaitu ada sekitar 3 pantai, yaitu Pantai Perawan di Desa Sumberasri, Pantai Tamban di Desa Tambakrejo, Pantai Sendang Biru di Desa Tambakrejo,’’ katanya.

Untuk Kecamatan Lebakharjo sendiri ada satu pantai yaitu Pantai Licin berada di Desa Lebakharjo. Sedangkan di Tirtoyudo juga ada satu pantai yang lokasinya berdekatan dengan rumah warga yaitu Pantai Si Pelot, terletak di Desa Pujiharjo. Di Kecamatan Tirtoyudo juga ada Pantai Lenggoksono yang berada di Desa Purwodadi.

Sedangkan di Kecamatan Gedangan ada dua pantai. Yaitu masing-masing Pantai Bajulmati di Desa Gajahrejo, dan Pantai Nganteb di Desa Tumpakrejo. ”Di Kecamatan Bantur ada banyak pantai juga . Yaitu Pantai Balekambang, di Desa Srigonco dan , Pantai Kondang Merak, di Desa Sumberbening. Juga ada Pantai Ngliyep di Desa Kedungsalam. Semua pantai itu lokasinya berdekatan dengan permukiman warga,’’ ungkapnya.

Mbah Tomo begitu dia akrab dipanggil, terkait dengan peristiwa gempa tektonik yang terjadi beberapa hari lalu, pihaknya pun sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. ”Kami memiliki jaringan di tingkat kecamatan.Terkait dengan potensi tsunami ini sudah kami informasikan kepada masyarakat. Harapannya, masyarakat tidak panik, meskipun ada tsunami,’’ tandasnya. (ira/bua)

  • Editor : ira
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ira
  • Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI