Dua Truk Sampah Diangkut dari Brantas

  • 21-07-2019 / 16:05 WIB
  • Kategori:Malang
Dua Truk Sampah Diangkut dari Brantas PEDULI LINGKUNGAN : 300 orang dari berbagai elemen membersihkan sampah plastik sebagai wujud aksi peduli lingkungan.

MALANG - Sampah sebanyak dua truk dari sepanjang bantaran sungai Brantas kawasan di Bersihkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (21/7). Adalah Komunitas Alamku Hijau, yang mengajak 300 an orang dari berbagai elemen untuk terlibat dalam aksi peduli lingkungan kali ini.

"Paling banyak tadi sampah plastik sama kain-kain bekas. Kita susuri sekitar 1 km, khususnya di bantaran sungai. Tapi tadi ada juga tim yang membersihkan sungai juga dengan perahu karet," ungkap Ketua Jurusan Kehutanan UMM, Tatag Muttaqin, S. Hut, M.Sc.IPM.

Pembersihan sendiri dilakukan sejak pukul 08.00 WIB hingga 10.30 WIB, namun sampah yang dikumpulkan sudah memenuhi dua truk. Hal tersebut tentu sangat disayangkan, mengingat sungai brantas sendiri masih dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar baik itu untuk mengairi sawah maupun juga untuk mencari ikan.

"Sampahnya kebanyakan dari aliran sungai, padahal sekitar sini sungainya masih dimanfaatkan untuk mengairi sawah," sambungnya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Jurusan Kehutanan UMM dan Divisi Mahasiswa Pecinta Alam (DIMPA) UMM yang tergabung dalam Komunitas Alamku Hijau dan berkolaborasi dengan Kodim, Polres, BLH, masyarakat sekitar Tlogomas, serta sejumlah komunitas lingkungan. 

Tujuannya adalah untuk menjaga ekosistem lingkungan, serta mengingatkan masyarakat agar berhenti membuang sampah ke sungai."Masyarakat harus lebih peduli, kalau tidak mau membersihkan sungai ya jangan buang sampah ke sungai. Karena kalau sungai meluap kita juga yang rugi," lanjutnya.

Dengan mengusung tema 'Sinergitas Lintas Batas, Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita', harapannya dapat memberikan dampak positif ke depan terhadap lingkungan di kawasan sungai Brantas. "Ini rencananya akan dibuat sebagai kegiatan rutin setiap minggu, jadi daerah lain nantinya juga akan kita sasar," kata dia.

Tak hanya membersihkan sampah, giat ini juga mengajak peserta untuk melakukan upaya penghijauan di kawasan sekitar sungai Brantas. Kemudian juga dilanjutkan dengan diskusi ekologi yang akan membahas solusi-solusi dari persoalan lingkungan khususnya akibat dari penggunaan plastik berlebih dalam aktivitas keseharian masyarakat. (mg3/oci)

  • Editor : oci
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Inasa
  • Fotografer : Inasa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI