Kejaksaan Negeri Malang

Jelang Hari Adhyaksa Diapresiasi Gubernur

  • 22-07-2019 / 00:08 WIB
  • Kategori:Malang
Jelang Hari Adhyaksa Diapresiasi Gubernur SILATURAHMI: Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang, Amran Lakoni SH MH dan Direktur sekaligus Pemred Malang Post, Hj. Dewi Yuhana diapit para penggawa Kejari dan Malang Post di Kantor Kejari Malang.

MALANG-Menjelang Hari Adhyaksa, tim Redaksi Malang Post bersilaturahmi ke Kejaksaan Negeri Malang, Jumat (19/7). Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang, Amran Lakoni SH MH menyambut hangat tim Malang Post di kantornya di Jalan Simpang Panji Suroso.

Direktur sekaligus Pemred Malang Post, Hj. Dewi Yuhana, Koordinator Liputan Vandri Battu dan Sekretaris Redaksi Abdul Halim bertamu untuk mengucapkan selamat hari Adhyaksa kepada Kajari Kota Malang tersebut. Diterima di ruang kerjanya, Amran tampil santai dengan baju polo abu-abu.

Sembari berbincang, Amran sesekali bercanda dengan kru redaksi, didampingi Kasi Intel Yusuf Hadiyanto SH MH dan Kasi Pidsus Ujang Supriyadi SH MH. Kajari asal Palembang Sumatra Selatan tersebut mengungkapkan kerinduannya terhadap makanan khas Sumsel, yaitu tempoyak. Camilan ini adalah daging durian, yang ditaruh dalam toples beserta garam dan beberapa bahan lain, untuk difermentasi lalu dikonsumsi.

“Pernah dulu, saat tugas di NTT, saya kangen makan tempoyak. Saya coba bikin sendiri pakai durian montong, dan ternyata tidak enak, harus durian lokal Palembang,” ungkap Amran.

Pria yang bertugas di Malang selama kurang lebih satu tahun ini masih senang kuliner. Kajari Kudus 2013-2014 tersebut menggemari pete. Jika warung makan yang dia datangi tak menjual pete, maka Amran tidak segan untuk membawa sendiri sayuran yang paling nikmat dimakan dengan sambal tersebut.

 

“Saya ini paling suka makanan yang sederhana, tidak yang mewah-mewah. Makanya, seringkali kalau ke warung, saya bawa pete sendiri kalau tempatnya tidak menyediakan pete,” sambung mantan Kajari Muko-Muko, Bengkulu itu.

Selain makanan, obat kenyamanannya di Malang, adalah komunikasinya dengan istri dan anak-anaknya yang ada di Jambi. Kendati Amran kelahiran Palembang, keluarganya menetap di Jambi. Tiap hari, pria kelahiran 17 Agustus 1964 ini bersambung rasa lewat telepon video. Sesekali, istrinya datang ke Malang untuk sambang.

“Baru kemarin istri datang ke Malang. Saya sendiri tidak bisa sering-sering pulang ke Jambi, karena memang ada tugas yang tidak bisa saya tinggal di sini,” tambah Amran.

Dalam tugasnya di Malang, Amran membuat banyak terobosan dan gebrakan. Berbagai kasus korupsi yang selama ini tak diketahui masyarakat, terbuka oleh tangan dingin Amran yang menangkap banyak tersangka. Namun, sekarang Amran fokus pada terobosan yang dibuatnya bersama para jaksa andalannya di Kejari Kota Malang.

Dia bersama tim pemulihan aset Pemkot Malang, mampu menginventarisir aset prioritas yang dikuasai oknum individu maupun badan hukum. Setelah menginventarisir sejumlah 60 lebih aset prioritas, Kejari Kota Malang memulihkan 35 aset untuk dikembalikan kepada pelukan Pemkot Malang. Ini adalah prestasi, yang belum pernah dilakukan oleh Kejari dari daerah lain di seluruh Indonesia.

Karena itu, Kejari Kota Malang mendapat apresiasi Gubernur Jatim dalam pertemuan Kejari se-Jatim, Wali Kota dan Bupati di Jawa Timur serta BPN, di Gedung Grahadi Surabaya, Kamis lalu.

“Ini terobosan yang belum pernah dibuat sebelumnya. Inti dari penyelamatan aset ini, adalah mencegah kerugian negara, serta melakukan tindakan preventif agar tidak ada korupsi. Malang, satu-satunya yang sudah lakukan upaya ini,” rinci Amran.

Dia berharap, dalam hari Adhyaksa 2019 yang diperingati Senin hari ini, para jaksa di Kejari Kota Malang semakin profesional dan tangguh dalam menjalan profesinya.

“Saya bukan pemimpin yang kaku. Kerja santai, tapi yang penting selesai. Saya pun berharap, agar di hari Adhyaksa, jaksa di Malang Kota, dan di Indonesia, semakin profesional dalam menjalankan tugasnya,” tutupnya.

Sementara itu, Dewi Yuhana memberikan ucapan selamat bagi korps Adhyaksa, khususnya di Kota Malang. Dalam kunjungan yang gayeng dan penuh canda, Hana, sapaan akrabnya berharap, Kejari Kota Malang semakin hebat dalam menjalankan tugas pokoknya di bidang hukum.

“Selamat hari Adhyaksa, untuk para jaksa di seluruh Indonesia, terkhusus bagi para jaksa di Malang, agar semakin profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya,” tutup Hana.(fin/ary)

  • Editor : ary
  • Uploader : abdi
  • Penulis : fin
  • Fotografer : Guest

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI