KPU Kota Malang Tetapkan Calon DPRD Terpilih

PDIP Langsung Usulkan Nama Pimpinan DPRD

  • 22-07-2019 / 00:11 WIB
  • Kategori:Kabupaten
PDIP Langsung Usulkan Nama Pimpinan DPRD Komisi Pemilihan Umum Kota Malang memimpin rapat pleno penetapan perolehan kursi Parpol dan Calon Terpilih, kemarin.

MALANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang resmi melakukan rapat pleno penetapan calon terpilih anggota DPRD Kota Malang, Minggu (21/7). Rapat pleno tersebut akhirnya dilakukan meski beberapa waktu lalu sempat tertunda. Atas penetapan itu, DPC PDIP Kota Malang langsung mengusulkan 12 nama calon Pimpinan DPRD Kota Malang.

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas mengungkapkan, penetapan calon terpilih anggota DPRD Kota Malang bisa dilakukan karena sudah tidak ada gugatan berkaitan dengan hasil Pemilu 2019. Sehingga, proses penetapan berlangsung sesuai dengan tahapan yang ditetapkan oleh KPU RI.

"Untuk DPRD Kota Malang tidak ada gugatan," tegas dia kepada Malang Post di sela-sela acara.

Penetapan tersebut, lanjut dia, dilaksanakan setelah KPU RI berkirim surat kepada KPU daerah terkait dengan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

"Surat dari KPU tertanggal 16 Juli 2019, dan langsung kami tindak lanjuti dengan penetapan 45 anggota dewan yang berlangsung hari ini,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Aminah mengungkapkan, berdasarkan aturan baru yang dikeluarkan, proses penetapan calon terpilih anggota dewan dilaksanakan maksimal lima hari setelah surat KPU RI diterbitkan. Dalam surat tersebut, menjelaskankan bahwa KPU telah menerima surat permohonan hasil pemilu dari Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jadi ada perubahan, jika dalam PKPU Nomor 10 sebelumnya disebutkan jika tahapan penetapan tiga hari setelah diumumkan BRPK," imbuh dia.

Setelah penetapan calon terpilih anggota DPRD Kota Malang dilakukan, tahapan berikutnya adalah pelantikan. Nantinya, KPU Kota Malang akan mengusulkan pelantikan melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kepada Gubernur Jawa Timur.

“Selambat-lambatnya, pelantikan dilakukan pada masa bhakti anggota DPRD Kota Malang periode sebelumnya habis, kemungkinan pada 24 Agustus 2019 mendatang,” tandas dia.

Dalam rapat pleno tersebut, KPU Kota Malang merinci perolehan kursi untuk masing-masing partai politik. Untuk PDIP mendapat 12 kursi, PKB 7 kursi, PKS 6 kursi, Partai Gerakan Indonesia Raya 5 kursi, Partai Golkar 5 kursi, Pan 3 kursi, Partai Demokrat 3 kursi, Partai Nasdem 2 kursi, Partai Persatuan Indonesia 1 kursi dan PSI 1 kursi.

Meski daftar calon anggota DPRD Kota Malang sudah ditetapkan, beberapa partai politik (Parpol) yang berpotensi mendapatkan jabatan pimpinan di kursi dewan, masih belum mengusulkan nama tertentu untuk duduk di kursi pimpinan. 

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangam (PDIP) Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika mengungkapkan, untuk penetapan calon pimpinan DPRD, pihaknya sudah mengusulkan 12 nama yang terpilih menjadi anggota dewan.

"Kami akan mengusulkan 12 nama ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Nantinya, harus mengikuti fit and proper test dan juga test psikologi terlebih dahulu," terang dia.

Nama tersebut, nantinya akan diusulkan setelah pelantikan anggota DPRD Kota Malang selesai. "Setelah diusulkan ke DPP, maksimal dua minggu hasilnya akan keluar. Nanti akan diberitahu secara rinci, siapa ketua fraksi dan lainnya," kata dia.

Sementara, untuk calon Ketua DPRD Kota Malang, pihaknya akan mendiskusikan lebih lanjut dengan partainya. "Untuk kursi ketua, harus ada rekomendasi dari ketua umum dan sekjen partai," tandas dia.

Senada dengan PDIP, PKB juga masih belum menentukan siapa yang berpotensi menduduki kursi pimpinan dewan.

"Seluruh keputusan ada di DPP," tegas Sekretaris DPC PKB Kota Malang, Zaini Nasirudin.

Menurutnya, untuk mendapatkan kursi pimpinan, harus mengikuti proses seleksi terlebih dahulu. "Masih menunggu hasil fit and proper test dulu," tandas dia.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Malang, Ernanto Djoko Purnomo menambahkan, untuk pimpinan dari fraksi PKS, pihaknya sudah mengusulkan satu nama, yakni Asmualik. "Kami sudah usulkan ke DPW. Kami tinggal menunggu hasilnya," kata dia.

Sementara, kalau untuk calon ketua fraksi, yakni Trio Agus Purwono. "Untuk unsur pimpinan, ada dua, yakni wakil ketua dewan dan ketua fraksi. Sudah kami usulkan dan konsultasikan," tandas dia. Sementara itu, Ketua DPD NasDem Kota Malang, Hanan Jalil menambahkan, terkait untuk pemilihan ketua fraksi, pihaknya masih belum memberikan komentar.

"Sebab, kami harus membangun komunikasi dulu dengan partai lain. Supaya bisa membangun koalisi yang baik," terang dia.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mendiskusikan terkait koalisi partai dengan internal partainya. "Saya harus diskusi internal dulu. Sembari menjalin komunikasi dengan partai lainnya juga. Supaya bisa saling menguntungkan," tandas dia. (tea/ary)

  • Editor : ary
  • Uploader : hargodd
  • Penulis : tea
  • Fotografer : Guest

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI