Jalur Mandiri, UB Terima Lebih Banyak 1.623 Dari Kuota

  • 22-07-2019 / 19:23 WIB
  • Kategori:Kampus
Jalur Mandiri, UB Terima Lebih Banyak 1.623 Dari Kuota Jalur mandiri kali ini UB menerima mahasiswa baru lebih banyak dari kuota awal.

MALANG-Usai melaksanakan ujian seleksi terhadap 13.083 peserta pada Senin (15/7) lalu, Universitas Brawijaya (UB) mengumumkan menerima 5.018 mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari kuota awal yang sebelumnya disediakan oleh UB yakni hanya sejumlah 3.395 kursi.

Menurut Kasubbag Kearsipan dan Humas UB Kotok Gurito S.E menyebut, sebelumnya Rektor UB menjelaskan terkait tingginya prosentase peserta yang tidak daftar ulang pada seleksi jalur mandiri tahun sebelumnya. “Seleksi mahasiswa jalur mandiri kali ini diputuskan menerima lebih banyak dari kuota awal, untuk mengantisipasi hal tersebut,” kata Kotok Gurito SE.

Wakil Rektor I UB, Prof. Dr.  Aulanni'am, drh, DES  mengimbau kepada para mahasiswa baru yang diterima pada jalur mandiri UB, segera memeriksa kelengkapan persyaratan dari tiap-tiap fakultas. Sebab, setelah ini masih ada sejumlah tahap berikutnya.

"Siswa yang terpillih untuk menjadi calon maba UB  masih harus mengikuti tes kesehatan untuk beberapa fakultas yang mensyaratkan," katanya.

Lebih lanjut Prof Aulinni'am juga menyampaikan, agar para mahasiswa baru jalur seleksi mandiri untuk segera melakukan daftar ulang. Selain itu, dijelaskannya bahwa penilaian seleksi jalur mandiri adalah dari nilai tes murni ditambah prestasi lain yang dibuktikan dengan sertifikat prestasi seperti juara seni, olah raga, baca Alquran.

Dari total jumlah peserta yang mengikuti tes jalur mandiri UB, peminat terbanyak saintek adalah pendidikan dokter yang tercatat mencapai 1.880 peserta, dan hanya diterima sebanyak 95 orang. Sedang peminat terbanyak Soshum yaitu Ilmu Hukum sebanyak 1.637 orang dan hanya diterima 265 peserta. (mg3/aim)

Editor : asa
Uploader : slatem
Penulis : asa
Fotografer : asa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU