Ribuan Mahasiswa Baru UM Rebutan Kursi Bidikmisi

  • 23-07-2019 / 19:38 WIB
  • Kategori:Kampus
Ribuan Mahasiswa Baru UM Rebutan Kursi Bidikmisi WAWANCARA: Ribuan mahasiswa baru peserta bidikmisi jalur SBMPTN melalui sesi wawancara penentuan penerimaan beasiswa bidikmisi.

MALANG -Tahun ini Universitas Negeri Malang (UM) tentukan kuota bidikmisi sebanyak 1.305 kursi. Jumlah itu lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 1.200 an kursi. Kuota tersebut diperuntukkan bagi semua jalur penerimaan mahasiswa baru baik itu SNMPTN, SBMPTN, hingga jalur Mandiri.

Setidaknya terdapat 1.112 peserta bidikmisi dari total jumlah mahasiswa baru SBMPTN yang mencapai 3.779 mahasiswa. Sebelumnya, UM sudah menerima 261 mahasiswa bidikmisi melalui jalur SNMPTN. Mahasiswa peserta bidikmisi harus berebut 1.044 kuota yang tersisa, bersama dengan mahasiswa peserta bidikmisi yang nantinya akan diterima jalur Mandiri.

"Kuotanya sendiri sudah meningkat dari tahun lalu, tapi mungkin nanti ada sekitar 360-an peserta yang akan tergeser," sebut Kabag Akademik UM Suwastiko Wibowo, M.M pada sela-sela registrasi daftar ulang jalur SBMPTN di Graha Cakrawala UM Selasa, (23/7).

Disampaikan juga olehnya, bahwa sesuai dengan ketentuan dari Ditjen Belmawa Ristekdikti bahwa peserta bidikmisi yang sudah memegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan diprioritaskan diterima beasiswa bidikmisi. Sebab pemegang KIP dipastikan berasal dari keluarga kurang mampu, yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Lebih lanjut perlu diketahui, bahwa mahasiswa baru peserta bidikmisi masih harus melalui proses seleksi ketat. Mulai dari survei kediaman masing-masing sampai dengan sesi wawancara sebelum registrasi daftar ulang. Jika mereka tak lulus pada tahapan seleksi yang ditentukan, maka mereka tak bisa terima beasiswa bidikmisi dan statusnya beralih sebagai mahasiswa reguler.

"Kemungkinan gugur ada jika mereka dinilai tidak layak dalam menerima bidikmisi. Itu tim verifikator yang tentukan melalui survei dan wawancara," terang Wakil Dekan FIK Dr. Supriyadi, M.Kes. (mg3/aim)

  • Editor : aim
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Inasa
  • Fotografer : Guest

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI