Asosiasi Perangkat Desa Siap Tarung di Bursa Cabup-Cawabup

Ajukan Anak Buah Mendikbud

  • 23-07-2019 / 23:19 WIB
  • Kategori:Malang, Kabupaten
Ajukan Anak Buah Mendikbud Dr. Mursidi MM

MALANG –Malang Post masih menerima sejumlah pesan dukungan untuk Cabup-Cawabup Malang pada Pilkada 2020. Yang terbaru adalah dari kalangan Muhammadiyah, yakni Dr. Mursidi MM, mantan Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Selain anak buah Mendikbud Muhadjir Effendy ini, Perkumpulan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) juga siap meramaikan perebutan kursi Cabup.

Pesan yang masuk ke whatsapp Malang Post datang dari sejumlah warga. Salah satunya adalah M. Nur Sofiyan Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Malang. Menurut dia, Mursidi layak maju karena memimpin organisasi dengan jumlah massa yang besar. Pengalaman organisasinya juga banyak. Ketika Muhadjir Effendy menjadi Rektor UMM, ia pernah menjadi Wakilnya dan duduk sebagai Kepala Biro Keuangan.

“Salah satunya menjabat Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting Pengurus Pusat Muhammadiyah,” tegasnya.

Ia juga menjadi dosen Fakultas Ekonomi UMM mulai dari  1986  - sekarang. Sekaligus juga menjadi Wakil Direktur Umum & Keuangan RS UMM. Pria yang berdomisili di Tumpang tersebut juga menjabat sebagai Ketua BUMDes Tumpang Kabupaten Malang.

Sementara itu, Ketua Koordinator Papdesi Kabupaten Malang, Hendik Arso, menegaskan bahwa Papdesi akan ikut bertarung dalam Pilkada nanti.

"Teman-teman (Kades dan perangkat desa, red) sudah mulai ancang-ancang untuk maju dalam Pilkada. Kalau tidak Bupati ya maju sebagai Wakil Bupati," ungkap Handik Arso dengan nada meyakinkan.

Menurutnya, majunya Papdesi dalam Pilkada 2020 nanti, karena ingin mewarnai pesta demokrasi tersebut. Sekaligus ingin menyampaikan aspirasi dari anggota Papdesi. Karena Papdesi menginginkan pembangunan Kabupaten Malang dimulai dari pinggiran, terutama pedesaan.

"Harapan saya dan teman-teman supaya Bupati Malang ke depan, dekat dengan Kades. Sebab selama ini Kades hanya menjadi pelengkap pemilihan Bupati. Setelah berjuang diabaikan, dan yang menikmati adalah para pengusaha," jelasnya.

Sebagai keseriusan perwakilan Papdesi maju dalam Pilkada 2020, dalam waktu dekat ini akan melakukan pertemuan. Ada dua bahasan dalam pertemuan nanti. Pertama adalah mengevaluasi hasil Pilkades tahap tiga, karena banyak anggota Papdesi terutama incumbent yang kalah.

Sedangkan pembahasan kedua, adalah terkait Pilkada. "Setelah pertemuan nanti, kami akan segera deklarasikan bahwa Papdesi maju dalam Pilkada 2020," ujar Hendik.

Lantas siapa calon yang diusulkan?. Hendik mengatakan, sebagai Ketua Koordinator Papdesi Kabupaten Malang, dirinya siap untuk maju kalau memang mendapat kepercayaan dan dorongan dari anggota.

Lebih lanjut, Hendik mengatakan, untuk keikutsertaan Pilkada nanti, Papdesi mencoba maju secara independen. Namun kalau langkah ini dirasa sulit, baru akan menggandeng partai politik (Parpol).

"Kalau independen Papdesi akan mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati. Namun kalau menggandeng partai, tentunya mencalonkan Wakil Bupati, karena untuk calon Bupati tentunya dari Parpol," tuturnya.

Tetapi, kalau memang tidak maju mencalonkan Bupati ataupun Wakil Bupati sendiri, Papdesi akan mencari sosok pemimpin yang tepat. Yaitu bisa mengakomodir kepentingan dan aspirasi dari anggota Papdesi.

"Karena komitmen kami dari Papdesi, adalah bagaimana memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Papdesi akan melakukan pembangunan Kabupaten Malang yang merata serta tidak tebang pilih. Termasuk melakukan pembangunan dari pinggiran," urainya.

"Kalau kalau pembangunan hanya dengan mengandalkan dana desa (DD), tidak akan selesai. Karenanya harus ada progress untuk pembangunan Kabupaten Malang yang lebih baik," sambungnya.

Disinggung persiapan Papdesi maju dalam Pilkada?. Hendik Arso, mengatakan bahwa selama ini terus menggalang suara dan merapatkan barisan. Anggota Papdesi sudah berkeliling lintas kecamatan untuk mendapat dukungan dari masyarakat.

Sementara itu, Khoirun, mantan Kepala Desa Pandesari, Kecamatan Pujon yang baru terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Malang mengajukan nama Siadi. Menurut dia, Siadi tidak sekadar figur yang pintar dan cerdas. Tapi Siadi merupakan orang dengan visi misi yang sangat bagus. Sehingga Siadi dipastikan dapat memimpin dengan baik, dan akan membawa Kabupaten Malang lebih baik lagi ke depannya.

”Secara personal saya cukup kenal. Beliau adalah orang dengan visioner yang tinggi. Dia mampu membangun dan menjadikan Kabupaten Malang ini lebih baik,’’ katanya.(agp/ira/ary)

  • Editor : ary
  • Uploader : abdi
  • Penulis : agp
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI