trial_mode: on

Warga Demo Pemkab Tuntut Pilkades Ulang Jambearjo

  • 25-07-2019 / 18:23 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Warga Demo Pemkab Tuntut Pilkades Ulang Jambearjo SUARAKAN: Massa yang mengaku warga Jambearjo, menuntut Pilkades ulang karena ada indikasi banyak kecurangan.

MALANG– Ratusan orang yang mengaku warga Jambearjo, Kecamatan Tajinan, ngeluruk kantor Bupati Malang di Pendopo Jalan Agus Salim Kota Malang, Kamis siang 25/7). Mereka menuntut diselenggarakannya Pilkades ulang untuk Desa Jambearjo. Mereka menganggap Pilkades yang memenangkan petahana sudah dimanipulasi dan terjadi kecurangan.

Dalam tuntutannya, warga Jambearjo ini menyuarakan orasi, serta menunjukkan spanduk dan banner protes untuk mengulang Pilkades Jambearjo. Koordinator aksi, Ahmad Soleh merinci, beberapa tuntutan massa. Pertama, secepatnya diadakan pemilihan Kades Jambearjo Tajinan 2019 - 2025. Kedua, membubarkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“BPD bertindak sebagai panitia pemilihan bahkan aktif berkampanye di media sosial untuk mendukung salah satu calon. Padahal BPD tugasnya adalah mengawasi. Bukannya malah ikut jadi panitia, bahkan kampanye,” kata Soleh kepada wartawan, di pendopo Kabupaten Malang.

Ketiga, mereka menuntut membubarkan panitia pemilihan kepala desa yang saat ini, karena merupakan bentukan BPD yang juga ingin dibubarkan dalam tuntutan massa.

Empat, mempidanakan calon incumbent karena mereka menduga ada penyelewengan dalam Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) oleh incumbent. Tiga calon kades di Pilkades Jambearjo adalah Bambang Mawardi (petahana), Mirza Ahmad Danial dan Mohammad Mahfud. Sebelum memasuki pukul 12.00 WIB, massa membubarkan diri. (fin/udi)

  • Editor : udi
  • Uploader : slatem
  • Penulis : fin
  • Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI