Bakar Sampah, Dapur Ikut Hangus

  • 29-07-2019 / 14:46 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Bakar Sampah, Dapur Ikut Hangus PASTIKAN TAK ADA API: Petugas Damkar Kabupaten Malang usai memadamkan api di rumah warga kawasan Sumberejo Kecamatan Dau.

MALANG – Akibat membakar sampah di kebun bambu belakang rumah, kediaman Meseri, 49, warga RT 02 RW 01 Kelurahan Sumberejo Kecamatan Dau, hangus dilalap si jago merah. Peristiwa ini terjadi Minggu (28/7). Kasi Penanggulangan Kebakaran Bidang PPBK Satpol PP Kabupaten Malang, Agus ‘Ambon’ Suyanto menyebut laporan masuk pukul 11.00.

“Dari informasi pemilik rumah, dia sedang membakar sampah di kebun bambu yang letaknya di belakang rumah. Diduga ada benda seperti daun kering yang terkena api, lalu merambat ke rumah korban. Sehingga, kebakaran terjadi,” ujar Ambon kepada Malangpostonline.com, Senin siang.

Api yang awalnya hanya berada di sekitar sampah di kebun, merangsek ke arah dapur rumah korban. Dapur tersebut berada di belakang, berimpitan dengan kebun bambu. Sehingga api dengan mudah merayap ke bangunan yang terbuat dari kayu. Api pun membara, membakar rangka atap yang terbuat dari kayu.

Perabotan di dalam dapur ikut dilalap si jago merah. Apalagi, cukup banyak kayu bakar di dalam dapur yang masih memakai kompor tanah liat tersebut. Dua unit pemadam kebakaran tiba di lokasi yang dilaporkan sekitar 15 menit kemudian. Petugas langsung mengulur selang dan melakukan pemadaman.

Api baru bisa dijinakkan oleh petugas sekitar pukul 11.50. Setelah memastikan tidak ada lagi titik api usai pembasahan lokasi, tim Damkar Kabupaten Malang kembali ke markas. Ambon menyebut, korban diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta akibat kebakaran ini.

Dia mengimbau dan memberi warning kepada warga, agar menghindari bakar-bakar sampah di dekat rumah. Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat, agar tidak meninggalkan rumah dalam kondisi kompor masih menyala.(fin/lim)

  • Editor : lim
  • Uploader : slatem
  • Penulis : fin
  • Fotografer : fin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI