HEIZE Cerita Pengalaman Duet Bareng Suga 'BTS'

  • 01-08-2019 / 09:05 WIB
  • Kategori:music and movie
HEIZE Cerita Pengalaman Duet Bareng Suga 'BTS' Penyanyi R&B Korea, HEIZE menceritakan pengalamannya saat bekerjasama dengan Suga BTS untuk single keluaran barunya yang bertitel 'We Don't Talk Together'.

MALANGPOSTONLINE.COM - Penyanyi R&B Korea Selatan, HEIZE menceritakan pengalamannya saat bekerjasama dengan Suga BTS untuk single keluaran barunya yang bertitel 'We Don't Talk Together'. 

Diberitakan oleh JTBC, hal ini merupakan kali pertamanya bekerja sama dengan personel dari boyband sensasional tersebut. Suga berperan sebagai produser dalam penggarapan lagu ini. 

Hal ini ia sampaikan dalam sebuah acara radio dari SBS PowerFM 'Choi Hwa-jung's Power Time' pada Selasa (30/7) lalu.

"Ini kali pertama saya bekerjasama dengan Suga, tetapi itu sangat menyenangkan. Dia sangat baik, Terima kasih, Min PD," ujarnya.

Min PD sendiri merupakan nama panggilan Suga saat ia bekerja sebagai produser. 'Min' diambil dari nama asli Suga, Min Yoon-gi. Sedangkan PD sendiri merupakan singkatan dari 'producing director'.

Selain Suga BTS, HEIZE juga bekerjasama dengan rapper Giriboy dalam lagu 'We Don't Talk Together'. 

Selain produser, Suga 'BTS' juga memiliki andil dalam penulisan lirik dan menggarap lagunya. Lagu ini memenangkan posisi pertama dalam acara musik Inkigayo dari SBS.

"Saya biasanya tidak begitu memerhatikan ranking musik. Saya pikir untuk mendapatkan hasil yang bagus (dalam tangga musik) adalah sesuatu yang sulit akhir-akhir ini, dan agensi saya juga mengatakan bahwa kita tidak boleh serakah juga," ucapnya.

"Jadi saya puas-puas saja (atas hasilnya). Tetapi lagunya memiliki posisi yang baik, jadi saya sangat bersyukur," lanjutnya.

HEIZE adalah solois dari Korea Selatan yang debut pada tahun 2014 dengan EP 'Heize'. Ia mendapatkan perhatian dari publik setelah menjadi peserta dalam acara realita musik 'Unpretty Rapstar' musim kedua tetapi tereliminasi pada semi-final. 

Namun, setelah acara tersebut, HEIZE lebih terkenal sebagai penyanyi daripada rapper.

Ia melepas EP keduanya bertajuk 'And July' pada 2016 dan mendapatkan posisi ke-34 dalam tangga lagu Gaon. 

Kedua single dari EP tersebut, 'And July' yang berkolaborasi dengan bintang R&B Korsel, DEAN, dan 'Shut Up & Groove' mendapatkan posisi masing-masing pada nomor 8 dan 27 dalam tangga lagu nasional Korea.

HEIZE kemudian merilis single digital bertajuk 'Star' pada 2016 dan mendapatkan predikat 'All-Kill' setelah merajai enam tangga lagu real-time Korsel setelah rilis. 

Pada tahun berikutnya, ia merilis EP bertitel '/// (You, Clouds, Rain)' yang juga mendapatkan predikat 'All-kill' dengan merajai enam tangga lagu real-time Korea dan duduk dalam posisi pertama dalam tangga lagu Gaon.

Sedangkan Suga BTS sendiri diketahui telah bekerja sebagai produser music sejak 2010, bahkan sebelum debut dengan BTS. 

Asosiasi Hak Cipta Musik Korea menyebutkan, Suga berandil dalam pengerjaan lebih dari 70 lagu, baik dalam penulisan lirik atau produser.

Lagu-lagu tersebut termasuk 'Wine' dari solois Suran, yang akhirnya mendapatkan posisi kedua dalam tangga lagu Gaon dan memenangkan lagu soul/R&B terbaik dalam Melon Music Awards (2017). 

Suga juga pernah jadi produser lagu dari grup hip-hop kenamaan Korsel, Epik High dalam lagu 'Eternal Sunshine'. (taj/end/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU