PMI Kabupaten Malang Siaga Paska Gempa Banten

  • 03-08-2019 / 16:19 WIB
  • Kategori:Kabupaten
PMI Kabupaten Malang Siaga Paska Gempa Banten ALAT : Para personel PMI Kabupaten Malang sudah siap dikirimkan ke lokasi gempa Banten-Jakarta apabila dibutuhkan oleh PMI pusat.(PMI Kabupaten Malang for MP)

MALANG– Palang Merah Indonesia (PMI) sudah mengirim notifikasi kepada PMI Kabupaten Malang untuk siap siaga pascagempa ibukota yang berpotensi tsunami, Jumat malam lalu. Jika dibutuhkan, PMI Kabupaten Malang siap langsung meluncur ke lokasi titik gempa yang disinyalir berada di Banten.

“Sudah ada instruksi notifikasi dari PMI pusat agar kami yang di daerah bersiap-siap dan selalu siaga. Kami semua berdoa supaya tidak terjadi apa-apa. Tapi, jika panggilan tiba, maka kami siap digerakkan ke lokasi gempa di Banten yang informasinya berpotensi tsunami,” kata Amirul Yasin, anggota PMI Kabupaten Malang, Sabtu (3/8).

Menurutnya, PMI Kabupaten Malang, siaga penuh untuk mengirim personel relawan ke Banten andai dibutuhkan oleh PMI pusat. Karena, berdasarkan pengalaman penanganan pascabencana sebelumnya, PMI Kabupaten sudah pernah dikirim ke titik bencana gempa untuk rehabilitasi kawasan.

Misalnya saja, gempa Palu dan gempa Lombok. Sebelumnya, PMI Kabupaten Malang sudah pernah dikirim ke Lombok dan Palu untuk rehabilitasi pascagempa, mulai dari memberi pelayanan kesehatan da kedaruratan lainnya. Dengan kesiagaan PMI di berbagai daerah, para relawan sedang bersiaga.

Supaya bisa langsung berangkat begitu menerima perintah dan instruksi dari pusat. “Personel, sudah dipersiapkan. Saat dibutuhkan, kami bisa langsung meluncur ke lokasi bencana,” sambungnya.

Selain personel, ada beberapa peralatan yang telah disiapkan oleh PMI Kabupaten Malang. Antara lain perahu serta tenda dan kebutuhan pokok untuk kehidupan para relawan ketika berada di titik gempa. Seperti diketahui, Jumat malam, gempa besar mengguncang kawasan Banten dan Jakarta. Getaran sebesar 7,4 sr menyebar teror kepada seluruh warga Jakarta maupun warga Provinsi Banten.

BMKG memprediksi, gempa yang terjadi Jumat malam, masih belum mencapai titik puncak magnitude. Potensi maksimalnya bisa mencapai 8,4 sr. (fin/udi)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : fin
Fotografer : fin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU