trial_mode: on

Gelar AHL 2019 di Desa Wisata Pujon Kidul, ini Alasan AKKOPSI

  • 08-08-2019 / 01:49 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Gelar AHL 2019 di Desa Wisata Pujon Kidul, ini Alasan AKKOPSI Ketua Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI), Dr. H. Syarif Fasha hadir di gala dinner yang digelar di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang

MALANG - Gala dinner yang digelar di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang berlangsung hangat. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI), Dr. H. Syarif Fasha dan  Direktur Eksekutif Seknas AKKOPSI, Capt. Josrizal Zain, SE, MM serta pengurus AKKOPSI.

Dalam sambutannya, Fasha mengaku penasaran dengan Desa Wisata Pujon Kidul yang menjadi tempat Advocacy Horizontal Learning (AHL) 2019.

"Pujon Kidul ini namanya sudah sangat terkenal. Tapi kami baru besok bisa datang langsung ke sana," katanya.

Dia juga mengatakan akan banyak belajar tentang pengelolaan desa di Pujon Kidul. Karena desa ini berkembang sangat pesat dan pengelolaannya dilakukan mulai dari tingkat bawah.

Sementara itu, Fasha juga mengatakan  AHL merupakan salah satu kegiatan AKKOPSI. Dimana kegiatan ini tak sekadar kegiatan berkumpul para kepala daerah. Tapi kegiatan ini juga menjadi ajang sharing para kepala daerah terkait masalah sanitasi.

"Memilih Kabupaten Malang sebagai tempat gelaran AHL 2019 karena daerah ini istimewa. Karena disini ada kombinasi antara pariwisata dan sanitasi yaitu di Pujon Kidul," ungkapnya.

Sementara itu Plt Bupati Malang, H M Sanusi dalam sambutannya juga memamerkan potensi Desa Wisata Pujon Kidul. Potensi ini memang tidak diperoleh dalam sekejap. Tapi ada kemauan dari masyarakat dalam mengembangkan desanya.

"Dulu sebelum ada cafe sawah, pendapatan masyarakat di desa ini hanya Rp 50 ribu sehari, tapi sekarang pendapatan warga  ada yang Rp 20  juta per bulan," urainya.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Malang ini juga menyebutkan, jika sanitasi menjadi isu strategis, dan menjadi konsentrasi utama pemerintah Kabupaten Malang. Sanusi berharap melalui kegiatan ini sanitasi di Kabupaten Malang lebih baik.

"Semoga kegiatan ini memberikan dampak manfaat. Dan pertemuan ini diharapkan mampu menyelesaikan masalah sanitasi di wilayah Kabupaten Malang," ungkapnya.

Sementara itu gala dinner yang digelar di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang, berlangsung hangat.  Kegiatan ini juga dihadiri pimpinanan Forkopimda Kabupaten Malang.

Tampak Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko, Kajari Kepanjen Abdul Qohar AF, Pimpinan Cabang Bank Jatim Cabang Kepanjen M. Ridho Yunianto, Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Ir Didik Budi Moeljono dan sejumlah kepala OPD Pemkab Malang.

Diantaranya Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, Dr Ir Wahyu Hidayat MM, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Made Arya Wedanthara, Kepala Dinas Perhubungan, Hafi Lutfi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Suwadji. (ira/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ira
  • Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI