Lho, Kredit Bermasalah di Malang Tinggi!

  • 09-08-2019 / 11:39 WIB
  • Kategori:Malang
Lho, Kredit Bermasalah di Malang Tinggi! SIAP KERJA: Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri menandatangani berkas pelantikan disaksikan Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana

MALANGPOSTONLINE.COM - Kinerja perbankan di wilayah kerja OJK Malang menunjukkan peningkatan. Pada posisi Juni 2019, aset bank umum konvensional, penyaluran kredit dan penghimpunan dana pihak ketiga, masing-masing naik sebesar 10,84 persen, 12,28 persen dan 9,05 persen. Sedangkan pertumbuhan bank umum syariah sebesar 12,31 persen, 2,67 persen dan 16,34 persen. 

Sayangnya, kredit bermasalah pada semester pertama tahun ini juga tinggi. Bahkan di atas ambang batas ketentuan, 5 persen. Kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) bank umum sebesar 5,26 persen dan Non Performing Financing (NPF) bank umum syariah sebesar 5,57 persen. 

"Penyaluran kredit harus diikuti oleh prinsip pemberian kredit yang sehat dan hati-hati, supaya dapat menekan NPL dan NPF," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana, dalam pelantikan Kepala OJK Malang, Jumat (9/8)/19). 

Heru berharap penyaluran kredit dan pembiayaan di wilayah Malang terus diarahkan ke sektor produktif dan prioritas. Menurutnya, Malang Raya memiliki potensi yang sangat besar. Dari segi pariwisata, ada banyak wisata alam dan wisata edukasi, yang bila dikemas secara integral dengan didukung ketersediaan oleh-oleh, kuliner dan produk khas Malang Raya lainnya dapat menggerakkan sektor pendukung. 

"Masyarakat yang dilibatkan lebih banyak, sehingga mampu menaikkan tarak ekonomi dan kemakmuran," ujar Heru. 

Potensi lain yang dapat terus dikembangkan untuk mendorong pertumbuhan, lanjut Heru, ada ertanian, perikanan, perdagangan maupun manufaktur, termasuk ekonomi kreatif.(han/Malangpostonline.com)

Editor : Dewi Yuhana
Uploader : irawan
Penulis : hana
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU