Delapan Kota di Dunia Bebas dari Kendaraan Bemotor

  • 09-08-2019 / 16:33 WIB
  • Kategori:Destinasi
Delapan Kota di Dunia Bebas dari Kendaraan Bemotor

MALANGPOSTONLINE.COM - Jika car free day alias hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta hanya berlangsung pada akhir pekan, ada banyak kota di penjuru dunia yang sudah menerapkan bebas kendaraan bermotor setiap hari. 

Selain udara menjadi lebih sejuk, dengan ketiadaan kendaraan bermotor di pusat kota juga membuat warganya jadi lebih rajin naik kendaraan umum, sehingga jalanan bebas macet.

Berikut adalah beberapa kota tanpa mobil di dunia: 

1. Venesia, Italia 

Terdiri dari ratusan pulau-pulau kecil di utara Italia, kota Venesia tidak mempunyai jalan yang dapat dilalui oleh mobil. 

Satu-satunya transportasi yang dapat digunakan di daerah ini adalah perahu lintas kanal. 

Tetapi hal ini bukannya menjadi penghalang untuk berwisata. Malah dengan keunikannya, Venesia menjadi destinasi favorit para turis dari seluruh dunia. 

Bangunan-bangunan berwarna dengan arsitektur Venetian Gothic yang dapat ditemukan diseluruh wilayah kota ini.

2. Pulau Mackinac, Michigan 

Merupakan destinasi populer untuk musim panas, Pulau Mackinac memiliki alam yang masih sangat asri. 

Pada tahun 1898 pemerintah lokal Mackinac melarang seluruh kendaraan bermotor demi mempertahankan keaslian dari lingkungan pulau ini dan untuk mengurangi polusi yang terjadi. 

Masyarakat lokal menggunakan kereta kuda dan sepeda sebagai alternatif transportasi. 

3. Pulau Bald Head, North Carolina

Untuk para pecinta olah raga golf, Pulau Bald Head terkenal dengan lapangan golfnya yang sangat luas. Dilengkapi dengan berbagai pondok penginapan, daerah ini cukup terkenal sebagai pilihan untuk menghabiskan liburan musim panas. 

Hanya memiliki 175 penduduk, Pulau Bald Head adalah tempat shooting dari film 'The Butcher's Wife' yang dimainkan oleh Demi Moore.

4. Zermatt, Swiss

Terletak jauh di lembah pegunungan Alpen, kota Zermatt tidak bisa diakses menggunakan kendaraan bermotor.

Satu-satunya yang dapat mengantarkan wisatawan menuju kota ini adalah kereta yang terdapat di Täsch, kota kecil yang berjarak 5 km dari Zermatt. 

Sesampainya di kota ini terdapat beberapa pilihan transportasi yang dapat menunjang perjalanan wisatawan, seperti kereta kuda, eTaxi, sepeda, dan eBus.

5. Kota Tua Dubrovnik, Kroasia

Kota Tua Dubrovnik merupakan salah satu situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Wisatawan mungkin dapat menemukan berbagai kendaraan bermotor di kota Dubrovnik, namun tidak di dalam situs ini. 

Memamerkan pemandangan yang luar biasa, wisatawan dapat menikmati bangunan-bangunan peninggalan abad pertengahan yang megah. 

Arsitektur gereja yang menggabungkan gaya renaissance, gothic, dan baroque menjadi ikon terkenal dari kota ini. 

6. Giethoorn, Belanda 

Sering disebut sebagai Venesia-nya Belanda, kota Giethoorn terletak di provinsi Overijssel bagian timur laut negara ini. 

Rumah dan bangunan yang ada di wilayah ini terpisahkan oleh kanal, sehingga jika ingin berpergian harus menggunakan kapal. 

Wisatawan dapat mengelilingi kota ini dengan menggunakan Saloon Boat. Nahkoda kapal juga akan menjelaskan sejarah mengenai Giethoorn selama perjalanan. 

7. Ghent, Belgia

Pada tahun 1996 pemerintah Belgia menerapkan peraturan larangan berkendara di pusat kota Ghent. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk mengurangi polusi yang ada pada saat itu. 

Upaya itu terbukti berhasil, karena sekarang polusi yang terjadi sudah banyak berkurang dan membuat kota Ghent menjadi lebih nyaman untuk wisatawan.

8. Fes el Bali, Maroko

Salah satu situs warisan dunia UNESCO dan juga rumah bagi universitas tertua di dunia, Fes el Bali, merupakan salah satu kota bebas kendaraan bermotor terluas di dunia. 

Jalanan-jalanan yang sempit membuat daerah ini tidak mungkin dilewati oleh mobil. Oleh sebab itu masyarakat lebih memilih berjalan kaki, menggunakan gerobak, atau menaiki keledai. (kia/ard/cnn/Malangpostonline.com)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : CNN
  • Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI