Perguruan Tinggi Muhammadiyah Intens Kembangkan Lembaga Sertifikasi Halal

  • 09-08-2019 / 18:45 WIB
  • Kategori:Kampus
Perguruan Tinggi Muhammadiyah Intens Kembangkan Lembaga Sertifikasi Halal Implementasi kerjasama, PTM beserta perwakilan Daekin University Brian Francis Fairman dan Michael Andrew Smith dalam workshop penyusunan rencana kerja halal supply chain.

MALANGPOSTONLINE.COM - Topik halal mencuat jadi isu dunia, Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) intens bahas pengembangan lembaga sertifikasi halal. Bukan sekadar sertifikasi makanan, halal kini menjadi topik luas, menyangkut kehidupan masyarakat muslim dunia yang populasinya kian meningkat.

"Halal kini jadi world wide issues, istilah halal sudah jadi bahasan dunia. PTM telah mengambil inisiatif untuk mengembangkan halal center, para Rektor sudah masuk jajaran struktur tim penasehat," kata Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Chairil Anwar kepada Malangpostonline.com.

Pengembangan akan terus dilakukan oleh PTM sembari menunggu regulasi terkait lembaga sertifikasi halal yang nantinya disebut tak lagi hanya dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Salah satunya adalah dalam wujud kerjasama dengan Perguruan Tinggi asal Melbourne Australia yakni Daekin University, terkait dengan workshop sharing penyusunan rencana kerja bidang halal supply chain.

"Kali ini diadakan di UMM karena merupakan salah satu di antara 15 PTM yang punya halal center, dan melibatkan perwakilan PTM seluruh Indonesia," lanjutnya.

Jalinan kerjasama antara PTN Daekin University sesdiri diawali dengan kerjasama yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Tangerang beberapa waktu sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan PTM lainnya khususnya terkait pengembangan supply chain tersebut.

"Tampaknya ini memang tidak bisa ditangani hanya oleh satu PTM, oleh sebab itu jalinan kerjasamanya diperlebar. Tinggal sekarang ini menyusun action plannya," terang Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd.

Sementara itu, mengingat konteks halal yang sangat luas, mencakup obat-obatan, kosmetik, peralatan, sampai dengan pengiriman logistik. Maka harus segera ada semacam kepastian standar halal yang memang ditunggu oleh masyarakat.

"Sertifikasi halal harapannya bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, dan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat," pungkasnya.(Mg3/Malangpostonline.com)

Editor : asa
Uploader : slatem
Penulis : asa
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU