32 tahun arema

Tak Sekadar Sepak Bola

  • 10-08-2019 / 22:41 WIB
  • Kategori:Arema, Kabupaten
Tak Sekadar Sepak Bola Plt Bupati Malang, H.M. Sanusi

BERHARAP Arema FC makin berjaya dan selalu menuai prestasi. Usia 32 tahun Arema bukanlah usia muda. Tak sekadar klub sepak bola, Arema adalah perekat kebersamaan.

Kebersamaan yang sudah terjalin selama ini harus tetap terjaga. Tidak hanya pemain, tapi juga suporter dan masyarakat, harus mendukung satu sama lain.

Pemain harus menyajikan permainan terbaik. Sedangkan suporter, mesti memberikan dukungan positif dan menjaga ketertiban, selama pertandingan maupun saat tak bertanding.

”Masyarakat dan pemerintah juga demikian, harus memberikan dukungan. Kebersamaan inilah yang harus terus dijaga. Arema menjadi tim yang solid. Satu jiwa itu dapat diwujudkan, jika semuanya saling mendukung dan memiliki komitmen yang sama,’’ ungkapnya.

Kebersamaan yang terjalin itu pun membuat tim Arema FC menuai prestasi. Menurut Sanusi, sebagus-bagusnya tim, tidak akan berkembang jika di dalamnya tidak memiliki unsur kebersamaan. ”Itu terlihat di Arema. Arema selalu menjaga kebersamaan. Prestasi Arema pun tidak diragukkan,’’ katanya.

Sanusi mengatakan tim yang berdiri pada 11 Agustus 1987 lalu, punya tekad kuat dan semangat yang mengiringi. Tekad itu terjaga sampai sekarang, buktinya eksistensi Arema dan prestasinya. 

"Tim ini berdiri dari semangat para pendirinya dan Aremania. Sehingga semangat itu harus terus dijaga," katanya.

Sanusi juga berharap Arema selalu menjadi tim yang solid, dan selalu menghibur masyarakat. Baginya Arema tidak sekadar tim sepak bola. Pertandingan yang dilakoni Arema menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat. Dia mengatakan Arema menjadi salah satu hiburan itu dibuktikan saat tim berjuluk Singo Edan ini bertanding. Termasuk ketika pertandingan disiarkan televisi, maka jalanan sepi. 

"Orang banyak berada di depan televisi, untuk menonton jalannya pertandingan Arema. Ini tidak ditemui di tim-tim lainnya," ungkapnya. Begitu juga stadion selalu ramai dipenuhi penonton.

Arema dikatakan mantan anggota DPRD Kabupaten Malang ini sebagai salah satu media yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

"Karena itu, selain semangat yang harus terjaga, preatasi Arema juga harus ditingkatkan,” tambahnya.

Sanusi muda tak lepas dari Aremania. Ia kala muda ikut konvoi

bersama Aremania. Dia juga kerap menonton pertandingan Arema. Bahkan memberikan dukungan kepada Arema tidak hanya saat tim Singo Edan ini bertanding di Malang. Tapi juga luar kota.

”Saya kepala daerah asli Malang. Saya asli Arema, dan cinta dengan Arema. Kami pun mendukung Arema sebagai tim yang solid dan selalu berprestasi,’’ tambahnya.

Saat menjabat sebagai kepala daerah, Sanusi juga masih nonton pertandingan Arema. Baginya pemain Arema FC punya gaya permainan yang khas. Karena itulah Arema dapat menciptakan permainan yang indah. Ini tak dimiliki klub lain.

”Arema betul-betul keren. Mampu memperlihatkan pertandingan yang apik. Begitu juga suporternya, selalu memberikan dukungan dengan nyanyian-nyanyian yang dibawakan. Jadi tidak salah, kalau Arema adalah tim kebanggaan. Tidak hanya di Malang, tapi seluruh Indonesia,’’ ungkapnya.

Dalam rangka HUT ke-32 Arema, Pemkab Malang juga menggelar acara istimewa. Yakni Gebyar Arema Bershalawat,  Senin (12/8) besok. Kegiatan ini digelar di Stadion Luar Kanjuruhan. ”Gebyar Arema Bershalawat ini kami gelar bersama dengan Majlis Maulid Watta’lim Riyadlul Jannah. Kegiatan ini akan diikuti sekitar 25 ribu jamaah,’’ katanya.

Lokasinya di Stadion Luar Kanjuruhan, karena tempat ini adalah home base Arema. ”Melalui kegiatan ini, kami semua berdoa untuk Arema dan Aremania. Agar selalu jaya dan terus menjaga kebersamaan. Sehingga persatuan dan kesatuan pun terus terjaga.

”Kegiatan ini (Gebyar Arema Bershalawat) juga digelar untuk memperingati HUT ke 74 RI, serta Hadi Jadi Kabupaten Malang. Digelar mulai pukul 19.00 sampai dengan selesai,’’ ungkap pria ramah ini.

Soal dukungan Pemkab Malang untuk Arema? Sanusi mengatakan selalu ada. Salah satunya Stadion Kanjuruhan. Menurut Sanusi, Pemkab Malang sudah menyediakan Stadion Kanjuruan sebagai home base Arema. Tahun ini stadion dengan kapaditas 45 ribu penonton ini akan ditambahi fasilitas kanopi. 

"Kami dapat bantuan dari Pemprov Jatim untuk penambahan kanopi. Jadi tak hanya tribun VVIP dan VIP saja yang ada kanopinya, tapi tribun ekonomi juga ada.  Sehingga penonton ekonomi nyaman saat nonton pertandingan Arema, tidak kehujanan atau kepanasan," papar alumni IAIN Malang (sekarang UIN Maliki) ini.

Mantan guru MAN Gondanglegi ini tak lupa memberikan ucapan selamat kepada Arema yang berulang tahun. "Selamat Ulang Tahun ke 32

  • Editor : van
  • Uploader : abdi
  • Penulis : ira
  • Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI