Ada Temuan Cacing Hati Pada Dua Ekor Sapi di Polres Malang

  • 11-08-2019 / 14:41 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Ada Temuan Cacing Hati Pada Dua Ekor Sapi di Polres Malang Drh. Aris Wahyudi, petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, menunjukkan hati sapi yang mengandung cacing hati. Dan petugas ketika proses penyembelihan. (foto bawah)

MALANGPOSTONLINE.COM - Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, menemukan cacing hati pada dua ekor sapi yang disembelih di Polres Malang, Minggu (11/8). Hati sapi yang terdapat cacing tersebut, kemudian diafkir atau dibuang dengan cara ditanam dalam tanah.

"Dari enam ekor sapi yang disembelih untuk kurban, ada dua ekor sapi yang terdapat cacing hati. Sedangkan empat lainnya aman. Namun untuk dagingnya tetap aman dikonsumsi," jelas Drh. Aris Wahyudi, petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang kepada Malangpostonline.com.

Menurutnya, sebelum disembelih sapi atau kambing yang akan disembelih, terlebih dahulu dilakukan antemortem. Yakni pemeriksaan sebelum hewan disembelih. Pemeriksaannya meliputi cara hewan berjalan, tingkah laku, gerak tubuh, pernafasan serta suhu tubuh.

Setelah sapi dinyatakan sehat, kemudian baru disembelih. Begitu selesai disembelih, kembali dilakukan pemeriksaan postmortem. Yakni melihat kondisi daging serta organ dalam hewan yang disembelih.

Dari pemeriksaan postmortem inilah, dua ekor sapi ditemukan ada cacing hati. "Untuk hati yang mengandung cacing hati, tidak boleh dikonsumsi. Supaya tidak disalahgunakan, maka harus dikubur dengan diberi solar terlebih dahulu," jelasnya.

Kabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riyono, mengatakan pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, Polres Malang berkurban 8 ekor sapi serta 35 ekor kambing. Enam ekor sapi disembelih di Polres Malang, sedangkan dua lainnya diserahkan ke Pondok Pesantren Ketapang Kepanjen dan An-Nur Bululawang.

Begitu juga dengan hewan kurban kambing. Dari 35 ekor, hanya 6 ekor yang disembelih di Polres Malang. Lainnya dibagikan ke Panti Asuhan, Pondok Pesantren, LP Wanita Sukun serta LP Lowokwaru Malang.

"Jumlah hewan yang dikurbankan tahun ini bertambah, dibandingkan dengan tahun lalu. Sebelumnya hanya 7 ekor sapi dan 31 ekor kambing," ungkap Sunardi Riyono.

Delapan ekor sapi yang dikurban adalah dari Kapolres Malang, PJU Polres Malang, Kasatlantas, Kasatreskrim, Kapolsek jajaran serta dari Bimtal Pemkab Malang. Sedangkan 35 ekor kambing yang dikurbankan adalah berasal dari anggota Polres Malang.

"Sebelum dilakukan penyembelihan hewan kurban, pagi harinya dilaksanakan salat Idul Adha di halaman Mapolres Malang. Setelah itu baru dilaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban," pungkasnya.(agp/Malangpostonline.com)

Editor : agp
Uploader : irawan
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU