Siap-siap Macet, 23.800 Mahasiswa Baru Serbu Tiga Kampus Negeri

  • 12-08-2019 / 21:36 WIB
  • Kategori:Kampus
Siap-siap Macet, 23.800 Mahasiswa Baru Serbu Tiga Kampus Negeri Tiga kampus negeri Malang gelar ospek mulai Selasa (13/8).

MALANGPOSTONLINE.COM - Tiga kampus negeri di Malang yakni Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), dan UIN Maulana Malik Ibrahim menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) bersamaan, mulai hari Selasa (13/8).

Ada 23.800 mahasiswa baru yang siap menyerbu tiga kampus negeri itu dalam kegiatan PK2MB yang digelar beberapa hari kedepan. PK2MB ini digelar usai serangkaian tes seleksi mulai dari SNMPTN, SBMPTN, sampai dengan seleksi jalur mandiri beberapa waktu lalu.

Menurut Wakil Rektor I UM Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait pelaksanaan PK2MB. Mahasiswa baru disebut tak boleh membawa kendaraan pribadi selama pelaksanaan PK2MB kali ini.

"Ini kan agenda Warek I bidang kurikulum dan Warek III bidang kemahasiswaan, kita sudah koordinasi terkait kegiatan ini," sebutnya kepada Malangpostonline.com.

Menurut Prof Budi, UM telah mengantisipasi sejumlah hal terkait dengan pengurangan kerumunan mahasiswa baru dengan membuka portal kampus sejak pukul 05.00 pagi dan membatasi rangkaian agenda PK2MB maksimal sampai dengan pukul 13.00 WIB.

"Sepeda motor tidak masuk, ini salah satu upaya menghindari kemacetan. Kita batasi juga hanya sampai jam 1 siang," lanjut Prof Budi coba antisipasi kemacetan yang mungkin terjadi dari agenda PK2MB ini.

UM akan menyelenggarakan PK2MB sampai dengan 18 Agustus mendatang dan akan diikuti oleh setidaknya 6.800-an mahasiswa baru. 

Sementara itu, UB akan memulai agenda PK2MB sejak pukul 05.00 pagi untuk mengkondisikan mobilisasi mahasiswa baru. Rencananya, pada PK2MB kali ini UB juga akan memecahkan rekor MURI.

"Kita ingin daftarkan ke MURI untuk permainan perkusi dari alat-alat yang biasa digunakan mahasiswa. Ada sekitar 13.000 mahasiswa baru, tapi belum tahu bentuknya seperti apa," ungkap Warek bidang kemahasiswaan Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si.

Prof. Abdul memaparkan gladi bersih PK2MB UB dilaksanakan sejak sehari sebelumnya. Menurutnya, sesuai dengan pertor UB, maka pelaksanaan PK2MB UB akan dilaksanakan satu hari di pusat dan dua hari berikutnya di fakultas.

Khusus masa pengenalan mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, lebih dikenal dengan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), juga digelar hari Selasa (13/8). PBAK yang diikuti sekitar 4.000-an mahasiswa ini akan berlangsung selama dua hari tingkat pusat universitas dan dua hari di tingkat fakultas.

Total ada 23.800 mahasiswa baru dari tiga perguruan tinggi negeri ini yang bakal hilir mudik di sekitaran Jalan Veteran, Jalan Sigura-gura, Jalan Raya Sumbersari, Jl. Gajayana, Jl. Mt. Haryono, Jl. Mayjend Panjaitan dan Jl. Sukarno Hatta. Meski ada yang melarang bawa sepeda motor, diperkirakan di wilayah tiga kampus negeri tersebut, tak lepas dari kemacetan.  (mg3/bua/Malangpostonline.com)

  • Editor : Inasa
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Inasa
  • Fotografer : Inasa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI