Maba UB Pecahkan Rekor MURI, UM Ajarkan NKRI

  • 13-08-2019 / 14:36 WIB
  • Kategori:Kampus
Maba UB Pecahkan Rekor MURI, UM Ajarkan NKRI Hari ini Selasa (13/8) tiga PTN Malang membuka rangkaian giat pengenalan kampus bagi mahasiswa baru.

MALANGPOSTONLINE.COM - Selasa (13/8) siang, Jalan Veteran terpantau dipenuhi ribuan mahasiswa baru (maba) berbaju putih hitam. Mereka adalah peserta Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) UM periode tahun ajaran kali ini. Sejak pukul 13.26 WIB, lalu lintas sempat terpantau padat, namun masih terlihat lancar sebab para maba tak diperkenankan membawa kendaraan pribadi.

Mereka sempat menumpuk di gerbang UM Jalan Veteran untuk menunggu jemputan, menanti angkutan, menunggu ojek online, hingga sekadar menyeberang menuju Mall Matos. PK2MB UM sendiri dilaksanakan di Graha Cakrawala sejak pukul 06.30 WIB. 

"Semua berjalan lancar sesuai rencana, tidak ada macet (dalam waktu lama) karena sudah kita setting. Kita atur keluar masuk mahasiswa per pos fakultas masing-masing," ungkap Ketua Panitia Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si kepada Malangpostonline.com.

PK2M UM diikuti oleh setidaknya 6.762 mahasiswa baru yang terdiri dari delapan fakultas. Mereka diberi pemaparan oleh sejumlah narasumber sejak pagi hari di Graha Cakrawala UM. Kali ini, UM mengusung tema Perguruan Tinggi NKRI. Oleh karenanya, narasumber yang dihadirkan adalah terkait dengan pemahaman kebangsaan dan bela negara.

"Materi pertama tentang kehidupan bernegara, anti korupsi, bela negara dari Kanit Polda, dan pemberian materi keagamaan kepada para mahasiswa," lanjutnya.

Sementara itu, sebelumnya maba UB juga sempat terlihat berbaris di sepanjang Jalan Veteran usai prosesi pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Universitas Brawijaya (PK2MU). Rangkaian Acara Jelajah Almamater (RAJA) UB sudah dimulai sejak dini hari pukul 05.00 WIB.

Dibuka langsung oleh Rektor UB Prof, Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR, sejumlah 13.000 maba UB juga sekaligus memecahkan rekor MURI kelas dunia untuk pertunjukan musik perkusi  dari peralatan yang biasa digunakan mahasiswa. PK2MU UB akan digelar sampai dengan, Kamis (15/8).

Selain itu, UIN Maulana Malik Ibrahim juga menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) pada hari yang sama. PBAK akan berlangsung selama dua hari tingkat pusat universitas dan dua hari di tingkat fakultas. Sejak seminggu sebelumnya, para maba UIN Malang sudah mulai memasuki ma'had atau asrama. (mg3/oci/Malangpostonline.com)

  • Editor : oci
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Inasa
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI