Antisipasi Macet, Dishub Siagakan Personel

  • 13-08-2019 / 14:45 WIB
  • Kategori:Malang
Antisipasi Macet, Dishub Siagakan Personel Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Handi Priyanto

MALANGPOSTONLINE.COM - Puluhan ribu mahasiswa baru mulai memasuki kampus, Selasa (13/8). Umumnya, kondisi tersebut mengakibatkan adanya kepadatan arus lalu lintas di beberapa titik, utamanya di kawasan sekitar kampus. Sebagai salah satu langkah antisipasi, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang sudah mempersiapkan strategi khusus, termasuk menyiagakan personel.

"Terkait penerimaan mahasiswa baru, beberapa kampus sudah memberitahukan kepada kami tentang kegiatan yang ada. Sebagai salah satu langkah untuk antisipasi, kami menyiapkan pengalihan arus dan rekayasa lalu lintas," jelas dia ketika ditemui Malang Post, Selasa (13/8).

Handi menguraikan, rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus tersebut akan dilakukan menyesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan. Jika kondisi macet parah, upaya pengalihan arus tersebut akan diterapkan. "Sedapat mungkin, pengalihan arus maupun rrkayasa lalu lintas hanya bertahan beberapa saat, tidak membutuhkan waktu yang lama. Kemungkinan, sore sudah cair," kata dia.

Pengalihan arus dan rekayasa lalu lintas tersebut, lanjit dia, diutamakan di sekitar Universitas Brawijaya. Sebab, kampus tersebut memiliki jumlah mahasiswa yang cukup banyak dan terletak di pusat kota. "Kami sudah siagakan personel di seputaran Jalan Veteran dan Soekarno-Hatta. Sebab, pintu masuknya ada dua," kata dia.

Menurutnya, pihak kampus juga dinilai sangat kooperatif untuk membantu petugas dalam mengurai kemacetan. "Mereka melarang mahasiswa baru (Maba) untuk membawa kendaraan ke kampus, baik mobil maupun motor. Kalau mahasiswa kos dekat kampus, mungkin jalan kaki. Selebihnya menggunakan ojek daring," papar dia.

Sementara itu, Kaur Bin Ops (KBO) Satlantss Polres Malang Kota, Iptu Endiex Purwantoro menambahkan, untuk wilayah sekitar Universitas Brawijaya, pihaknya menerapkan jalur buka tutup untuk mengurangi kepadatan kendaraan. "Kami masih lihat dulu, mana saja kawasan yang ada antrian panjang kendaraannya. Nanti, kami akan terapkan sistem buka tutup jalan, agar tidak macet. Masih melihat dulu kondisinya," papar dia.

Namun, jika terjadi kemacetan yang cukup panjang, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menerapkan pengalihan arus. "Jika nanti sore, saat maba sudah pulang dan terjadi kepadatan lalu lintas di sekitar Soekarno-Hatta, misalnya dari arah timur ke barat, maka kami akan alihkan dulu ke utara," kata dia.

Endiex menambahkan, pihaknya juga sudah mempersiapkan personel khusus untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas. "Personel sudah kami siagakan sejak pagi. Saat ini, kondisi lalu lintas masih terpantau lancar dan tidak terjadi macet," tandas dia.(tea/Malangpostonline.com)

  • Editor : tea
  • Uploader : irawan
  • Penulis : tea
  • Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI